... mudah-mudahan hari Jumat bisa kami sosialisasikan dan hari Senin mulai dieksekusi...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, tengah menyiapkan inovasi dan terobosan terkait penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Tanah Abang. Hal ini menjadi pembicaraan dan bahasan di media sosial.

"Untuk jangka pendek harus ada terobosan, inovasi. Yah mudah-mudahan hari Jumat bisa kami sosialisasikan dan hari Senin mulai dieksekusi," kata Uno, di Balaikota DKI Jakarta, Senin.

Kalau jangka panjang cukup jelas bahwa kawasan Tanah Abang akan ditata dalam Transit Oriented Development.

Dalam melakukan penataan Sandiaga katakan semua berbasis data. Salah satu yang banyak dikeluhkan teman - teman juga aktif di media sosial adalah PKL.

"Berdasarkan data yang dimiliki Smart City justru banyak keluhan yang berkaitan dengan perbaikan jalan. Kemacetan yang diakibatkan perbaikan jalan," kata Uno.

Dia telah mengumpulkan pihak terkait dan diberi tugas dalam beberapa hari ke depan sampai hari Jumat (3/11) memberikan finalisasi terhadap langkah jangka pendek dari penataan maupun juga jangka panjang, katanya.

"Ada beberapa rencana jangka panjang salah satunya ada sky bridge. Ada yang usul mengubah flow daripada lalu lintas, meminjam lahan PT. KAI digunakan sebagai lahan parkir, merevitalisasi blok G dan beberapa usulan sudah kami tampung," kata Uno.

Untuk TOD konsepnya PT. KAI sudah menyiapkan, Pemprov DKI memohon PT KAI berintegrasi dengan seluruh pihak.

"Karena di situ ada juga PD Pasar Jaya dan Transjakarta, beberapa moda transportasi harus disatukan," kata Uno.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017