Abu Dhabi (ANTARA News) - Kepala badan atom PBB, Senin (30/10), mengatakan di Abu Dhabi bahwa inspektur Badan Tenaga Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/IAEA) sedang melaksanakan tugas mereka di Iran "tanpa masalah", sehari setelah Teheran mengimplementasikan komitmen nuklir mereka.

"Inspektur kami (di Iran) melaksanakan tanggung jawab mereka tanpa masalah," ujar Yukiya Amano, kepala Badan Energi Atom Internasional, kepada wartawan di Abu Dhabi, sebagaimana dilaporkan AFP.

Dia menyampaikan hal itu di sela-sela konferensi yang membahas isu tenaga nuklir, sehari setelah menggelar perundingan dengan pejabat Iran di Teheran mengenai kesepakatan nuklir yang dicapai republik Islam itu dengan negara adidaya lain.

"Hari ini, kami bisa menyatakan bahwa komitmen terkait nuklir yang dicapai oleh Iran di bawah (kesepakatan nuklir) JCPOA tengah diimplementasikan," ujar Amano dalam konferensi pers Teheran pada Minggu yang ditayangkan oleh televisi pemerintah.

Laporan IAEA yang dirilis bulan lalu juga menegaskan kepatuhan Iran terhadap program tersebut, yang membekukan aktivitas nuklir Iran, demikian AFP. (kn)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017