Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) akan mengirimkan atlet ke Amerika Serikat dan Rusia untuk mengikuti pelatihan menjelang pertandingan Asian Games pada Agustus 2018.

"Kami akan memberangkatan para atlet ke Moskow, Rusia pada akhir Desember 2017 untuk mengikuti kejuaraan uji coba di sana. Kami juga berencana menggelar pelatihan luar negeri ke Amerika Serikat dan Bulgaria pada 2018," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Persani Dian Arifin ketika dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

PB Persani, menurut Dian, akan membentuk tim senam yang terdiri atas enam atlet artistik putra, enam atlet artistik putri, tim ritmik putra dan putri yang terdiri dari tiga hingga empat atlet, dan tim trampolin putra yang terdiri dari dua atlet putra.

"Kalau kami punya gedung latihan sendiri di Indonesia, kami akan mendatangkan pelatih asing ke dalam negeri. Kami masih mengupayakan untuk mendapatkan tempat latihan di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta," kata Dian.

Dian mengatakan program pemusatan pelatihan nasional cabang senam tetap berjalan meskipun hanya dua atlet yang mempunyai surat keputusan pelatnas dari Kemenpora.

"Kami akan mengajukan surat pelatnas bagi atlet-atlet lain yang masuk tim nasional setelah Kejuaraan Nasional Senam Senior-Junior 2017 di Jambi pada akhir November," katanya.

Selain program pelatnas jelang Asian Games, PB Persani juga menyiapkan kejuaraan uji coba Asian Games di Stadion Istora Senayan, Jakarta, pada April 2018.

Kejuaraan uji coba Asian Games itu, menurut Dian, merupakan rekomendasi dari Persatuan Senam Asia (AGU).

"Lokasi pertandingan cabang senam Asian Games 2018 di Jakarta International Expo Kemayoran. Kami sudah melaporkan lokasi uji coba kepada federasi Asia dan mereka tidak masalah," ujarnya. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017