Alfamart peduli veteran latih loyalitas karyawan

Alfamart peduli veteran latih loyalitas karyawan

Ilustrasi veteran perang Indonesia. Foto menunjukkan seorang anggota LVRI berjalan di antara makam untuk menabur bunga usai mengikuti upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (10/11/2016). (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)

Bogor (ANTARA News) - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November kali ini, PT Sumber Alfaria Trijaya Alfamart cabang Cileungsi Bogor, Jawa Barat, menggelar bakti sosial pemberian santunan paket sembako kepada para veteran, Sabtu.

Kepala Cabang Alfamart Cileungsi, Rinekso Widyanto, menyebutkan, bakti sosial perusahaan itu untuk melatih dan mengedukasi para karyawan memiliki loyalitas terhadap pekerjaannya dan rasa nasionalisme.

"Dari para veteran kita belajar tentang sejarah perjuangan para pahlawan, dengan semangat nasionalisme dan patriotisme merebut kemerdekaan Indonesia," kata dia.

Bakti sosial peduli veteran bagian dari program pertanggungjawaban sosial perusahaan yakni pilar keenam alfamart care, berupa kegiatan sosial kepada masyarakat. Hari ini, bakti sosial mereka juga berupa membersihkan TMP Dreded, serta penyaluran satunan sembako.

Kegiatan bakti sosial diawali dengan bersepeda motor bersama-sama dari kantor Alfamart cabang Cileungsi menuju TMP Dreded Kota Bogor. Diikuti sebanyak 120 karyawan Alfamart melibatkan 70 sepeda motor.

"Sengaja touring bagian dari napak tilas, merasakan bagaimana gerilya zaman dahulu meraih kemerdekaan. Ini juga jadi bentuk bergerilya 'jaman kini' memperingati Hari Pahlawan," kata dia. 

 120 karyawan Alfamart Cabang Cileungsi itu bersih-bersih Taman Makam Pahlawan Dreded. Dengan menggunakan sapu lidi dan keropak, membersihkan makam dari rumput dan sampah. 

Menurut Staf Kepahlawanan Dinas Sosial Kota Bogor, Ahmad Fadilah, TMP Dreded merupakan satu-satunya makam pahlawan yang ada di wilayah Bogor.  "Total ada 1.064 makam, salah satu yang turut dimakamkan di Dreded adalah Kapten Muslihat dan Mayor Oking," katanya. 

Santunan diberikan kepada 15 veteran yang diwakilkan sembilan orang dari Legiun Veteran Republik Indonesia Kota Bogor.

"Harapan kita selain sebagai bentuk andil dan kepedulian Alfamart terhadap para veteran, juga menumbuhkan rasa nasionalisme para karyawan, semakin loyal kepada perusahaan, sehingga menumbuhkan semangat produktivitas," kata Widyanto.

Manager Komunikasi PT Alfamart, Budi Santoso, menyebutkan bakti sosial Alfamart peduli dalam rangka Hari Pahlawan berlangsung secara nasional, selain di Bogor juga di Sumatera, dan Lombok.

"Alfamart juga ingin ambil bagian dan andil, peduli kepada para veteran. Sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan, melalui para veteran yang masih ada," katanya.

Sersan Mayor (Purnawirawan) Subandi, pengurus LVRI Kecamatan Bogor Selatan, berterimakasih masih banyak pihak yang peduli terhadap para veteran yang kini tidak lagi memiliki tenaga seperti waktu muda dulu.

"Beginilah para veteran sudah tua, tidak banyak yang bisa kami berikan kepada generasi penerus. Tetapi masih ada yang peduli dengan para veteran, sangat kami hargai," katanya.

Subandi mengharapkan semakin banyak generasi muda yang peduli akan sejarah dan menghargai jasa para pahlawan. Sehingga dapat meneruskan perjuangan kemerdekaan dengan mempertahankannya untuk generasi yang akan datang.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar