Samsung mulai produksi penyimpanan 512GB untuk ponsel

Samsung mulai produksi penyimpanan 512GB untuk ponsel

Ilustrasi - Presiden PT Samsung Electronics Indonesia Jaehoon Kwonn menyampaikan penjelasan produk saat peluncuran Samsung Galaxy Note 8 di Jakarta, Senin (25/9/2017). (ANTARA /Hafidz Mubarak A)

Jakarta (ANTARA News) - Saat ini sebagian besar ponsel hadir dengan ruang penyimpanan 32GB hingga 64GB, dan yang paling besar yang bisa didapatkan pada sebuah ponsel adalah 256GB. Kini, Samsung berniat untuk memperluas ruang penyimpanan dengan mulai memproduksi massal penyimpanan eUFS 512GB.

Dilansir dari laman GSM Arena, penyimpanan tersebut memiliki dimensi fisik yang sama dengan 256GB yang ada  saat ini. Samsung menciptakannya dari chip 64-lapisan 512 gigabit, delapan di antaranya, sementara penyimpanan eUFS generasi sebelumnya menggunakan chip 48-lapisan.

Penyimpanan baru tersebut menjanjikan 860MB/s sequential reads dan 255MB/s sequential write di mana hanya dibutuhkan 6 detik untuk menyalin file 5GB dari penyimpanan ini, dan 20 detik untuk menyalin file 5GB ke penyimpanan ini. Samsung memperkirakan pengguna bisa menyimpan 21 jam video 4K pada chip baru ini tersebut.

Samsung bermaksud menggunakan chip 64-lapisan baru ini di SSD dan juga kartu memori, bukan hanya penyimpanan telepon. Produksi untuk chip ini dan juga chip 48-lapisan juga akan meningkat di masa depan sehingga diharapkan ponsel mid-range mendapatkan lebih banyak penyimpanan.

Penerjemah: Arindra Meodia
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar