Jakarta (ANTARA News) - Ketersediaan bahan pokok jelang hari raya Natal dan Tahun Baru terbilang aman, karena tidak terjadi lonjakan pasokan maupun permintaan yang mengkhawatirkan.

"Menyangkut hal tersebut, dari segi supply dan demand tidak ada lonjakan yang dikhawatirkan menjelang akhir tahun," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Senin.

Airlangga menyampaikan hal itu usai menghadiri undangan Kepala Kepolisian RI Tito Karnavian bersama pejabat utama Mabes Polri dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat membahas antisipasi kenaikan harga pangan jelang Natal dan Tahun Baru.

Pembahasan tersebut berkaitan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar inflasi terjaga dengan menjaga lonjakan harga komiditi menjelang dua perayaan tersebut.

Khusus untuk industri secara nasional, Airlangga membahas soal ketersediaan tepung terigu, minyak goreng dan bahan baku gula, jagung dan daging.

Dalam rapat tersebut, juga dilakukan konferensi video dengan seluruh kapolda se-Indonesia dan sejumlah kepala dinas di daerah-daerah.

Jelang Natal dan Tahun Baru terjadi peningkatan permintaan bahan pokok di masyarakat sehingga diperlukan campur tangan pemerintah dan lembaga penegak hukum untuk menstabilkan dan menjamin ketersediaan harga bahan pokok di masyarakat.

Dari hasil rapat diketahui bahwa kesediaan sembako mencukupi untuk kebutuhan dalam negeri hingga akhir tahun.

Diakuinya bahwa ada indikasi kenaikan harga beberapa komoditas pangan. Namun demikian, kenaikan harga tersebut masih bisa diminimalisir melalui operasi pasar yang dilakukan Bulog dan Satgas Pangan.

Kapolri mensinyalir bahwa persoalan pangan kemungkinan terjadi di rantai distribusi.

"Persoalannya didistribusi. Ada potensi macet. Tapi akan kami amankan," kata Kapolri.

Kapolri pun memperingatkan para kartel sembako agar tidak mengambil keuntungan dalam momen Natal dan Tahun Baru.

"Pemain kartel bahan pokok, hati-hati, kami mengawasi," katanya.

Sementara saat ini Satgas Pangan belum menemukan indikasi adanya penimbunan sembako yang dilakukan kartel.


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017