Jakarta (ANTARA News) - Klub Liga Inggris, Everton, mengumumkan perekrutan penyerang Turki Cenk Tosun dari Besiktas, yang diyakini bisa menjadi jawaban atas mandulnya lini depan mereka sejak ditinggal Romelu Lukaku ke Manchester United musim panas lalu. 




Ironisnya, pengumuman resmi finalisasi transfer Tosun dilakukan lewat berbagai kanal resmi Everton ketika mereka tengah tertinggal 0-1 dari rival sekota mereka Liverpool dalam laga putaran ketiga Piala FA di Anfield, Sabtu pagi WIB.



Manajemen Everton sepertinya tahu bahwa berita baik tentang finalisasi transfer pemain bakal menjadi pelipur lara bagi para penggemarnya yang harus menyaksikan klub kesayangan mereka tersingkir dari Piala FA setelah akhirnya kalah 1-2 dari Liverpool.



Pihak klub menyatakan Tosun menandatangani kontrak berdurasi 4,5 tahun hingga Juni 2022 mendatang, namun tak menyebutkan berapa nilai transfer penyerang tim nasional Turki tersebut.



Laman pencatat nilai transfer, transfermarkt, menyebutkan kepindahan Tosun dari Besiktas ke Everton menelan mahar senilai 27 juta poundsterling.



Pemain berusia 26 tahun tersebut datang dengan modal cukup positif ke Everton, seperti 25 kali penampilan bersama timnas Turki.



Ia juga tercatat telah menyarangkan 41 gol dalam 96 pertandingan bersama Besiktas di Liga Super Turki sejak 2014-2015, yang menjadi catatan paling mentereng di liga tersebut hingga saat ini.



Tosun mengaku bertekad untuk mereplikasi ketajaman yang ia miliki di Liga Super Turki ke Liga Inggris yang lebih bergengsi.



"Liga Inggris liga yang keras. Saya tahu itu, sehingga kekuatan fisik saya akan membantu. Saya juga bisa menggunakan kedua kaki saya dengan level yang sama dan saya yakin sangat baik di dalam kota penalti," katanya sebagaimana dilansir laman resmi Everton.



Lahir dan besar di Jerman, Tosun merintis karirnya bersama klub kampung kelahirannya Eintracht Frankfurt, namun catatan 20 gol dalam 40 laga bersama tim U-19 klub tersebut tak cukup membuatnya memiliki banyak kesempatan di tim senior Frankfurt.



Selepas satu kali penampilan ia hijrah ke Gaziantepspor dan sejak itu menjadi penyerang kenamaan di tanah Turki.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018