Jakarta (ANTARA News) - Pebulu tangkis tunggal putra legendaris asal China, Lin Dan, mengalami pengulangan kegagalannya di putaran awal turnamen tur dunia grade II level 4 (Super 500) di Istora Senayan, Jakarta, Rabu.

Selepas tersingkir di putaran perdana Malaysia Masters 2018 pekan lalu oleh Ihsan Maulana Mustofa (Indonesia) 21-16, 18-21, 21-17, pemain berjuluk "Super Dan" ini kembali menelan pil pahit dikalahkan di putaran petama Indonesia Masters 2018.

Lin Dan tersingkir setelah dikalahkan wakil Thailand berperingkat 61 dunia, Kantaphon Wangcharoen, 15-21, 19-21, setelah bertarung selama 41 menit.

Lin Dan yang mencuri perhatian seisi Istora Senayan kala memasuki arena pertandingan, tampak tidak bisa keluar dari tekanan yang dilancarkan wakil Thailand.

Setelah tertinggal 4-10, Lin Dan kembali tertinggal jauh 16-5. Berbagai usaha dilakukannya untuk mendekati poin Wangcharoen, namun tak dapat mencegah wakil Thailand tersebut memenangkan gim pembuka.

Kemenangan di gim pembuka menjadi modal berharga Wangcharoen dan langsung tancap gas meninggalkan poin peraih dua medali emas olimpiade, 6-2 di awal laga.

Lin Dan yang mendapatkan rasa simpatik penonton di Istora Senayan, akhirnya mampu mengejar dan membalikan keadaan, bahkan hingga jeda lima poin 13-8 dan 16-11.

Namun meskipun penggemar bulu tangkis lebih banyak menyemangati Lin Dan, tak mencegah wakil Thailand untuk kembali mengejar poin pemain berusia 34 tahun itu dan akhirnya membalikan keadaan setelah tertinggal 17-19 jelang akhir laga.

Selepas pertandingan yang tidak berjalan cukup baik bagi Super Dan tersebut, suami dari mantan pebulu tangkis asal China, Xie Xingfang, segera meninggalkan lapangan pertandingan menuju ke ruang atlet dan tidak bersedia memberi keterangan pers.

Sementara itu, Indonesia berhasil menempatkan tiga wakil tunggal putranya di putaran dua turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2018 melalui Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Sonny Dwi Kuncoro.

Sementara Ginting sukses mendapatkan tiket putaran dua setelah mengalahkan wakil Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent, 21-17, 21-8, Tommy Sugiarto berhasil menumbangkan pemain Indonesia lainnya, Shesar Hiren Rhustavito 21-16, 21-10.

Sedangkan Sonny Dwi Kuncoro yang berjuang dari babak kualifikasi, melaju ke putaran dua turnamen berhadiah total 350 ribu dolar AS dengan menumbangkan wakil Hong Kong unggulan tujuh, Ng Ka Long Angus, 21-19, 21-19.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018