Jakarta (ANTARA News)- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo berharap tiga pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang baru dilantik dapat mendukung pembangunan desa.

"Saya mengucapkan selamat atas tiga Wakil Ketua MPR yang baru dilantik. Semoga bisa memberikan manfaat untuk bangsa dan negara," ujar Eko di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan dengan ditambahnya Wakil Ketua MPR, maka MPR bisa menangani pekerjaan lebih fokus. Dengan kapasitasnya sebagai Mendes, dia berharap agar program desa dibantu.

"Kami juga minta agar program di desa bisa dibantu, karena Indonesia merupakan negara besar yang bayak diramalkan akan menjadi nomor empat dunia pada 2050," cetus dia.

Semua itu, kata Eko, bisa dipercepat jika bisa mengurangi kemiskinan di pedesaan. Sekarang kemiskinan masih paling besar di desa.

"Walaupun penurunan kemiskinan di desa dalam tiga tahun ini juga cukup besar dr kota. Jika di desa penurunan kemiskinan mencapai 4,5 persen, sementara di kota 4 persen."

Pada tahun ini, Eko menargetkan bisa menurunkan kemiskinan di desa sebanyak 10 juta jiwa, dari 27 juta jiwa menjadi 17 juta.

MPR secara resmi memiliki tiga pimpinan baru yakni Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, dan Muhaimin Iskandar.

Baca juga: Zulkifli: Tambahan pimpinan percepat penyusunan haluan negara

Baca juga: Basarah dukung amendemen terbatas UUD 1945

Baca juga: Penambahan pimpinan MPR untuk jaga stabilitas politik

Pewarta: Indriani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018