Barcelona (ANTARA News) - Barcelona melibas AS Roma 6-1 dalam babak penyisihan grup Liga Champions musim 2015-2016. Jelas, bahwa fakta itu bakal dijadikan batu penjuru bagi skuad papan atas Liga Spanyol tersebut untuk mengulang sukses kali lalu.

Barcelona siap menjamu AS Roma dalam laga leg pertama Liga Champions yang digelar di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Barcelona menorehkan catatan mengkilap dengan 12 kali tidak terkalahkan dalam laga kandang melawan tim-tim asal Italia. Dan Lionel Messi mengoleksi 12 gol dalam 19 laga melawan klub asal Italia.

La Pulga, julukan bagi Messi, mampu membukukan 100 gol selama berlaga di ajang Liga Champions. Catatan historis yang bermakna bahwa segala prestasi lahir dari kebangkitan diri dengan kerja bersungguh-sungguh. yang dilatarbelakangi kepercayaan diri.

Bagi AS Roma, ini laga kuarter-final yang pertama sejak musim 1983/84, meskipun peribahasa mengatakan, siapa yang berusaha bakal bersua dengan hasil gemilang di kemudian hari.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde dengan kerendahan hati menolak bahwa timnya dijagokan keluar sebagai pemenang dalam laga ini. Ia menyadari betul bahwa setiap pertandingan punya drama tersendiri yang memuat segala kemungkinan.

Besar kemungkinan, ini dilatarbelakangi oleh belum pulihnya Messi dari cedera hamstring yang pada gilirannya berpengaruh kepada kecepatan dari megabintang Barcelona itu.

Baca juga: Kebugaran Messi hantui Barca

Barcelona boleh membentangkan layar optimisme lantaran Sergio Busquets kembali bugar dan siap turun melawan Roma. Fakta ini boleh jadi menjadi titik keseimbangan baru bagi penampilan Messi dan kawan-kawan di Camp Nou.

Komentar pelatih:

* Ernesto Valverde (Barcelona):

"Melawan Roma dalam pertandingan nanti bukan hal yang mengejutkan bagi saya. Mereka menunjukkan kesungguhan sebagai tim. Mereka mengandalkan pertahanan yang kokoh sebagai tim."

"Sebagai tim, mereka juga piawai dalam melakukan serangan. Ini laga kuarter final Liga Champions, dan Roma berusaha sekuat tenaga memberi penampilan terbaik. Saya tidak terlalu terpaku dengan hasil laga leg pertama."

"Saya hanya berharap seluruh fans siap memberi dukungan penuh sebagaimana mereka tunjukkan ketika kami melawan Chesela di pertandingan kali lalu."

Baca juga: Valderve cemaskan kondisi Messi

* Eusebio Di Francesco (AS Roma):
"Besok, lebih dari kali lalu. Kami harus tampil sebaik mungkin sebagai tim yang kompak. Kami berada di sini untuk bertanding dengan semangat membara, meski kami harus menghormati setiap lawan, termasuk melawan tim terbaik di dunia sekali pun."

"Kami ingin meneruskan untuk mewujudkan mimpi. Kami berusaha untuk membendung laju serangan Barcelona dengan memperkecil kesempatan mereka dalam mencetak gol. Hanya saja ini bukan tugas yang mudah. Kami harus tampil bermain dengan gaya khas kami sendiri, dan tidak mengkhawatirkan dengan penguasaan bola."

Prakiraan susunan pemain:

* Barcelona (4-4-2):

Ter Stegen (penjaga gawang); Roberto, Piqué, Umtiti, Alba; Paulinho, Busquets, Rakiti, Iniesta; Suárez, Messi
Diragukan tampil: Busquets

* AS Roma (4-3-3):
Alisson (penjaga gawang); Florenzi, Fazio, Manolas, Kolarov; Nainggolan, De Rossi, Strootman; El Shaarawy, Deko, Perotti
Absen: Karsdorp (cedera lutut), Ünder (cedera bahu)
Diragukan tampil: Nainggolan (cedera), Pellegrini (cedera)

Data dan fakta:

Barcelona:

* Lionel Messi masih harus bergelut dengan cedera hamstring yang ia alami ketika Barcelona ditahan imbang 2-2 melawan Sevilla dalam laga pada Sabtu pekan ini.
* Sergio Busquets, Lucas Digne dan Sergi Samper diragukan dapat tampil lantaran masih berkutat dengan cedera, sementara Philippe Coutinho belum pasti benar dapat turun melawan Roma.
* Sergi Roberto masih terkena larangan bertanding.

Baca juga: Busquet dan Nainggolan bisa bermain saat Barcelona menjamu Roma     
    
AS Roma:
* Radja Nainggolan besar kemungkinan absen dalam duel melawan Barcelona. Kalau pun diturunkan, ia siap berkongsi dengan Rick Karsdorp di lini depan.
* Cengiz Ünder dan Edin Dzeko siap mengisi starting XI setelah absen dalam laga pekan ini.
* Diego Perotti dan Kostas Manolas akan absen dalam laga berikutnya jika menerima kartu kuning dari wasit.

Prediksi Man of the Match (Whoscored):
1.Lionel Messi (65,91 persen)
2.Edin Dzeko (27,27 persen)
3.Alisson (2,27 persen)
4.Aleksandar Kolarov (2,27 persen)
5.Samuel Umtiti (2,27 persen)

Prediksi laga:
* Barcelona demikian perkasa dalam setiap laga kandang dalam musim ini. AS Roma perlu ekstra waspada dengan variasi serangan pasukan tuan rumah.
* barcelona membukukan 10 clean sheets dalam 12 laga terakhir mereka selama bertanding di Camp Nou. Catatan yang gemilang.
* AS Roma tidak terkalahkan dalam lima laga terakhir mereka, dan mampu menundukkan Napoli dan Shakhtar Donetsk.
* AS Roma memang tidak berharap dapat bersua dengan tim kuat Barcelona. Ini beban psikologis tersendiri.

Prediksi hasil laga:
* Barcelona: 3
* AS Roma: 0

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018