Jakarta (ANTARA News) - Festival Jajanan Bango 2018 kembali digelar. Festival yang diselenggarakan setiap tahun itu dihelat selama dua hari Sabtu dan Minggu, 14-15 April 2018 di Park & Ride Thamrin 10, Jakarta Pusat.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Festival Jajanan Bango 2018 menghadirkan galeri unik bertema "Warisan Kuliner Nusantara" yang secara interaktif menampilkan 90 tahun jejak kecap Bango di Indonesia.

Hadir pula area yang menggambarkan proses pembuatan kecap mulai dari pembibitan kedelai hitam, mencicipi kedelai yang sudah dikukus, mengetahui resep pembuatan kecap hingga teknis produksi terkini.

Ada pula dinding yang menampilkan peta nusantara dari Sabang sampai dengan Merauke dengan kuliner khas masing-masing daerah.

Mengangkat Soto sebagai kuliner primadona tahun ini, galeri Warisan Kuliner Nusantara juga menampilkan pojok Soto di mana pengunjung dapat mengetahui berbagai macam hidangan Soto Nusantara.

Tak hanya itu, ditampilkan pula berbagai cerita di balik ragam kuliner Nusantara dan kisah para penjaja kuliner yang sudah melegenda.

Keluar dari galeri Warisan Kuliner Nusantara, terhampar luas stan kuliner yang menawarkan lebih dari 80 menu berbeda.

Berbagai menu tersebut akan diklasifikasikan berdasarkan jenis dan ragamnya. Misal, kuliner ringan, seperti Es Oyen, Es Pisang Ijo, Es Kopi hingga Cilok berada pada satu deret. Sementara, Iga Bakar dan Sop Sumsum Kaki Sapi, ditawarkan di deretan lainnya.
 


Tak ketinggalan, terdapat area "Kampung Soto" yang menjadi primadona di Festival Jajanan Bango tahun ini, yang dihadirkan untuk mendukung program kuliner pemerintah.

Aneka hidangan Soto nampak berjajar, mulai dari Soto Bangkong, Soto Ayam Lamongan, Soto Ayam Ambengan, Soto Pindang Iga, hingga Empal Gentong.

Festival ini memang cocok untuk keluarga karena juga dilengkapi dengan area bermain untuk anak. Anda juga tidak perlu khawatir berlama-lama di sini. Pasalnya, disediakan pula fasilitas mushala yang dipisahkan untuk pria dan wanita. Terdapat pula fasilitas atm, toilet, cuci tangan hingga medis.

Air putih juga disediakan cuma-cuma di sini. Kru yang bertugas juga nampak secara sigap membersihkan sisa makanan yang ada di meja.

Sayangnya, meja dan kursi yang disiapkan nampaknya tidak sebanding dengan jumlah pengunjung, sehingga Anda harus siap beradu cepat untuk mendapatkan meja dan kursi dengan pengunjung lain.

Tidak hanya menikmati kuliner, Anda juga dapat menikmati hiburan dan talkshow maupun workshop dari panggung utama Festival Jajanan Bango 2018.

Untuk harga, penganan yang dihadirkan dibandrol dengan harga beragam. Antaranews sempat mencicipi Soto Ayam Lamongan Ragil yang ditawarkan dengan harga Rp35.000, Sop Sumsum Kaki Sapi dengan harga Rp30.000, dan Es Pisang Ijo dengan harga Rp20.000.

Porsi yang disajikan pun cukup untuk membungkam perut yang keroncongan.

Tertarik berwisata kuliner di Festival Jajanan Bango 2018? Jangan lupa siapkan Rp10.000 untuk tiket masuk.

Baca juga: Festival Jajanan Bango kembali digelar

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018