Ratu Elizabeth rayakan 92 tahun dengan konser para bintang

Ratu Elizabeth rayakan 92 tahun dengan konser para bintang

Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Ratu Elizabeth saling bertukar senyum saat pembukaan resmi Commonwealth Heads of Government Meeting di Istana Buckingham di London, Inggris, Kamis (19/4/2018). (Yui Mok/Pool via Reuters)

London (ANTARA News) - Ratu Inggris Elizabeth menghadiri konser khusus bertabur bintang, Sabtu, sebagai pemimpin kerajaan tertua dan terlama di dunia yang merayakan ulang tahun ke-92.

Penyanyi Wales, Tom Jones, memulai acara dengan tembang hitsnya "It`s Not Unusual", sesaat sebelum Elizabeth muncul di kotak kerajaan Albert Hall di London dan diapit keluarganya.

Selanjutnya, Kylie Minogue, Sting, Ladysmith Black Mambazo dan Shaggy termasuk di antara mereka yang ada di panggung, bersama dengan bintang lainnya.

Pada akhir malam, Elizabeth bergabung dengan putranya, Pangeran Charles. Dia bergurau bahwa dia tidak dapat meramalkan pada tahun 1948, ketika Charles lahir, beberapa dekade kemudian seorang ratu berusia 92 tahun tersebut akan berbagi panggung dengan putranya yang berusia 70 tahun.

Charles kemudian memimpin sorakan dari para hadirin. Sang ratu membalas mereka dengan senyum dan lambaian tangan kerajaan yang khas.

Acara ini merupakan waktu istirahat pada tradisi ratu yang biasanya menghabiskan ulang tahunnya secara pribadi dengan sedikit perayaan umum, meskipun ada acara nasional saat menandai ulang tahun ke-90nya.

Konser ini diadakan pada akhir pekan, di mana para pemimpin dan pejabat dari 53 negara datang ke London untuk menghadiri Pertemuan Kepala Pemerintahan Persemakmuran, dan menampilkan para pemain dari jaringan yang kebanyakan bekas koloni Inggris.

Sang Ratu adalah kepala Negara Persemakmuran. Penerima manfaat utama dari acara yang disiarkan langsung di saluran TV dan radio BBC ini ialah badan amal Persemakmuran, di mana Pangeran Harry yang merupakan cucu Ratu Elizabeth menjadi presidennya melalui penunjukan pada pekan ini.

Elizabeth lahir pada 21 April 1926, dan menjadi ratu pada tahun 1952 pada usia 25, yang berarti dia sekarang telah memerintah selama lebih dari 66 tahun.

Dia masih resmi menjabat, tetapi suaminya yaitu Pangeran Philip, yang menghabiskan 10 hari di rumah sakit bulan ini untuk penggantian pinggul, pensiun dari kehidupan publik tahun lalu.

Seperti biasa dengan hari ulang tahun raja, para prajurit dari Satuan Artileri Berkuda Kerajaan dan Kompi Artileri Terhormat menembakkan tembakan penghormatan di London Hyde Park dan Menara London sebelumnya pada hari Sabtu.

Elizabeth juga memiliki ulang tahun "resmi" pada bulan Juni, yang ditandai dengan parade besar tentara melalui pusat kota London, yang dikenal sebagai "Trooping the Color", demikian Reuters.
(Uu.R029) 
Baca juga: Ratu Elizabeth rayakan ulang tahun ke-92 dengan hadiri konser
Baca juga: Pangeran Charles disetujui pimpin Persemakmuran

 

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar