Jakarta (ANTARA News) - Apple secara resmi keluar dari bisnis router. Perusahaan tersebut mengumumkan berhenti menjual router seri Airport-nya.

Apple dilaporkan akan terus menawarkan perbaikan bug dan tambalan keamanan untuk perangkat yang ada saat ini, namun perusahaan tersebut berhenti menjual semua perangkat keras AirPort-nya meskipun persediaan masih ada.

Namun, dari pantauan ANTARA News Jumat siang, dalam situs resminya, Apple masih menjual tiga jenis router-nya, yaitu AirPort Express, AirPort Extreme dan Airport Time Capsule. Nampak tombol biru bertuliskan "Buy Now."

Kematian bisnis router Apple telah lama diperkirakan, di mana Bloomberg pada November 2016 melaporkan bahwa Apple telah membubarkan divisi perangkat keras yang bertanggung jawab untuk routernya, yang terakhir kali menghadirkan pembaruan untuk 802.11ac Wi-Fi pada 2013.

Namun, AirPort mungkin tidak sepenuhnya mati. Apple mengatakan kemungkinan akan kembali ke bisnis router di masa depan jika menemukan cara untuk mengembangkan router lebih lanjut, demikian The Verge.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018