Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan pemegang merek Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, akan membagikan dividen tunai sebesar Rp36 miliar, atau sekitar 25 persen dari laba bersih pada tahun buku 2017 sebesar Rp145,98 miliar.

"Rapat umum pemegang saham menyetujui pembagian dividen tunai dengan total sebesar Rp36 miliar atau Rp5,82 per saham," kata Corporate Communications Nippon Indosari Corpindo Tbk. Stephen Orlando di Jakarta, Jumat.

Pada tahun 2017, perseroan telah melaksanakan Penawaran Umum Terbatas I (PUT I) dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) dan meraih dana sekitar Rp1,4 triliun yang akan mendukung rencana pengembangan usaha perseroan.

Pada tahun 2018, lanjut dia, perseroan mulai melaksanakan pembangunan dua pabrik baru yang berlokasi di Gresik dan Lampung. Kedua pabrik baru itu merupakan realisasi awal atas rencana pengembangan usaha dengan memanfaatkan pendanaan hasil PUT I.

Pabrik-pabrik yang berlokasi di Gresik dan Lampung diharapkan dapat mulai beroperasi pada tahun 2019. Hal ini menjadi perpanjangan tangan perseroan dalam memproduksi dan mempersembahkan produk halal dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, katanya lagi, Sarimonde Foods Corporation yang merupakan entitas anak perseroan telah melaksanakan pembangunan pabrik di Filipina. Pabrik tersebut mulai beroperasi secara bertahap pada semester pertama tahun ini.

Untuk kinerja perseroan pada kuartal pertama 2018, perseroan mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp659 miliar atau meningkat 9,4 persen dari data pada periode sama tahun sebelumnya. Sementara itu, laba bersih perseroan pada periode itu mencapai Rp29 miliar.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018