Film Jepang "Shoplifter" rebut Palme d`Or Cannes

Film Jepang "Shoplifter" rebut Palme d`Or Cannes

Sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda memamerkan penghargaan Palme d’Or (Palem Emas) setelah filmnya "Shoplifters" dinyatakan Ketua Dewan Juri Festival Film Grand Prix Canness 2018 Cate Blanchett (di belakang) sebagai Film Terbaik. (Reuters/Eric Gaillard)

Cannes (ANTARA News) - Sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda meraih penghargaan Palme d`Or (Palem Emas) film terbaik di Festival Film Cannes, Prancis, Sabtu (19/5) atas karyanya, "Shoplifters", yang memukau penonton karena penggambaran halus tentang kehidupan keluarga dan plot mengejutkan.

Kemenangan Hirokazu itu mematahkan spekulasi bahwa penghargaan berbetuk daun palem berbahan emas itu akan diraih wanita sutradara, dengan tiga pesaing kuat dalam setahun ketika skandal pelecehan seksual Hollywood, Amerika Serikat (AS), menjadi pembicaraan..

Satir politik karya Spike Lee berjudul "BlacKkKlansman", yang berdasarkan atas kisah nyata seorang perwira polisi kulit hitam menyusup ke kelompok anti-negro Ku Klux Klan pada 1970-an, mendapatkan penghargaan kedua dalam Grand Prix di Kota Cannes.

Wanita sutradara Nadine Labaki dari Lebanon, merebut Hadiah Juri atau setara dengan medali perunggu atas karya "Capharnaum", drama realis tentang pengabaian masa kanak-kanak di daerah kumuh Beirut.

Sementara itu, Pawel Pawlikowski dari Polandia menjadi Sutradara Terbaik untuk karyanya "Cold War", sebuah romansa yang bergerak dari kalangan petani Polandia ke klub jazz Paris dan kembali pada rentang waktu dari tahun 1940-an hingga 1960-an.

"Girl", drama Belgia tentang perjalanan gadis remaja banci menjadi pebalet, yang disutradarai Lukas Dhont, mendapatkan Camera d`Or (Kamera Emas) untuk sutradara pemula terbaik.

Pewarta: -
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar