Susi inginkan SDM perikanan jadi prioritas pembangunan

Susi inginkan SDM perikanan jadi prioritas pembangunan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan sumber daya manusia (SDM) di bidang perikanan menjadi prioritas pembangunan sehingga selaras dengan tekad Presiden Joko Widodo untuk menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.

"SDM akan menjadi prioritas pembangunan," kata Menteri Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Selasa.

Untuk itu, ujar dia, diharapkan Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan dapat terus menorehkan prestasi dan menunjukkan kinerja yang baik.

Susi menyatakan bisa saja dari pembangunan politeknik kelautan dan perikanan ke depannya akan lahir pemimpin bangsa yang memahami kelautan-perikanan.

Sebelumnya, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 110, Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan KKP M Zulficar Mochtar menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan SDM pada tahun 2019.

"Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas SDM," tegasnya.

Ia menuturkan, salah satu langkah pemerintah dalam pembangunan SDM adalah melalui pendidikan kejuruan. Pemerintah mendorong dunia pendidikan untuk bekerja sama dengan industri dan bisnis, guna mencari terobosan baru dalam pendidikan kejuruan.

Jurusan-jurusan baru, ujar dia, baik di tingkat pendidikan tinggi maupun di tingkat menengah, yang berkaitan dengan keahlian dan ilmu terapan, juga harus selalu diciptakan untuk memasok tenaga terampil siap kerja pada industri.

Selain itu, lanjutnya, pengembangan kapasitas SDM juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Menteri KP: saatnya isi zona ekonomi eksklusif dengan nelayan Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar