Abuja (ANTARA News) - Wabah kolera telah menewaskan 12 orang dan kemungkinan telah menginfeksi setidaknya 134 orang lainnya di negara bagian Nigawa, Nigeria timur laut, menurut seorang pejabat medis pada Rabu.

"Sejauh ini 12 orang telah meninggal karena penyakit itu dan terdapat banyak kasus lagi," kata Ezra Sakawa, direktur medis rumah sakit umum untuk Kota Mubi, tempat penyakit itu menyerang.

"Kami kekurangan tenaga untuk menghadapi wabah yang begitu besar," kata Sakawa, sambil menambahkan bahwa para perawat juga terinfeksi.

Nigeria timur laut adalah titik nol untuk perang sembilan tahun negara tersebut melawan pemberontakan Boko Haram dan cabangnya, yang sekarang menjadi sekutu ISIS Afrika Barat.

Konflik telah melahirkan salah satu krisis kemanusiaan terbesar di dunia, dengan jutaan orang mengungsi dan membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup.

Kondisi itu memungkinkan bagi setiap wabah penyakit, seperti kolera, yang menjadi mematikan dalam skala luas, kata pekerja kemanusiaan.

Mubi, meskipun kurang terpengaruh krisis kemanusiaan, telah diserang berulang kali orang-orang yang dicurigai sebagai militan Boko Haram, yang menewaskan banyak orang.

(Uu.KR-DVI)
 

Pewarta: Antara
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018