Tol Pemalang-Batang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada Selasa menelusuri jalan tol fungsional Tegal-Semarang guna mengecek kondisi jalan menjelang masa mudik Lebaran.

Didampingi Plt. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, kedua menteri pertama meninjau Rest Area KM275 Tol Pejagan-Pemalang.

"Kami akan lihat kalau sudah selesai, paling lambat tanggal 7 Juni kita sudah mulai karena tanggal 8 Juni banyak sekali yang sudah mudik," kata Budi Karya.

Menteri Perhubungan dalam kunjungan kerja itu juga ingin memastikan kesiapan layanan penyediaan bahan bakar minyak (BBM) di area rihat jalan tol fungsional.

PT Pertamina menyatakan kesiagaannya melayani pemenuhan kebutuhan BBM pengguna jalan, antara lain dengan menyediakan layanan sepeda motor penjual BBM eceran.

Sementara Basuki Hadimuljono mengatakan pemudik bisa menggunakan jalan tol fungsional tanpa dikenai tarif.

"Ini masih fungsional, belum berbayar. Nanti untuk mudik ini gratis sampai Semarang. Menurut laporan dua minggu lalu saya cek, sekarang Pemalang-Batang sudah selesai," kata Basuki.

Jalan tol fungsional yang dapat dilalui pemudik tanpa dikenai tarif meliputi Tol Brebes Timur-Pemalang (37,3 km), Pemalang-Batang (39,2 km), Batang-Semarang (75 km), Salatiga-Kartasura (32 km), Solo-Sragen (36 km), dan Wilangan-Kertosono (37 km).

Dari Tol Pejagan-Pemalang, rombongan menteri meninjau Gerbang Tol Kertosari dan Rest Area KM321 Tol Pemalang-Batang.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018