Karawang (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyediakan 19 pos kesehatan dengan hampir dua ribu tenaga medis tersebar di masing-masing pos untuk melayani para pemudik yang melintas di jalur mudik wilayah Karawang.

"Ada 19 pos pelayanan kesehatan yang disiapkan pada musim mudik Lebaran tahun ini," kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Yuska Yasin, di Karawang, Sabtu.

Ia mengatakan, 19 pos pelayanan kesehatan itu terdiri atas 17 pos pelayanan kesehatan pembantu dan dua pos pelayanan kesehatan utama.

Untuk pos pelayanan kesehatan utama dibangun di wilayah Tanjungpura atau di titik perbatasan Bekasi-Karawang serta dibangun di Simpang Jomin.

"Tenaga medis yang kami siapkan sebanyak 1.964 orang, termasuk bidan juga dilibatkan," kata dia.

Ia mengatakan, ribuan tenaga medis yang bertugas di pos pelayanan kesehatan wilayah Karawang disiapkan untuk melayani gangguan kesehatan yang dialami pemudik atau petugas yang melakukan pengaturan arus lalu lintas.

Untuk gangguan kesehatan ringan akan ditangani langsung di pos pelayanan kesehatan. Sedangkan jika pemudik mengalami gangguan kesehatan berat, maka akan dirujuk ke sejumlah rumah sakit di sekitar Karawang.

Terkait dengan keterlibatan bidan dalam pelayanan kesehatan musim mudik Lebaran tahun ini, Yuska menyebutkan hal itu dilakukan berdasarkan pengalaman musim mudik Lebaran tahun lalu terdapat pemudik yang melahirkan dalam perjalanan. 

Baca juga: Karena kelelahan, kasir loket Bakauheni dibawa ke Pos Kesehatan

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018