Brebes, Jawa Tengah (ANTARA News) - Jalur tengah Jawa Tengah yang menghubungkan jalur pantura atau tol Trans Jawa dan jalur selatan yakni wilayah Ketanggungan, Brebes, pada H-4 lebaran didominasi oleh pemudik menggunakan kendaraan roda empat.

Petugas Jaga Pos SPBU Limbangan, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Aiptu Sugeng di Brebes, Senin, mengatakan wilayah Ketanggungan, Brebes, dari mulai keluar Tol Pejagan didominasi oleh pemudik berkendaraan roda empat sejak siang hingga menjelang sore malam hari.

"Ada antrian sehingga sedikit tersendat dari exit Tol Pejagan hingga sekitar 4-5 km arah Prupuk," katanya.

Antrian terjadi karena volume kendaraan yang semakin meningkat termasuk beberapa kendaraan yang akan masuk ke SPBU untuk mengisi BBM yang menyebabkan arus lalu lintas sedikit tersendat.

Pengguna kendaraan roda empat sebagian besar berplat nomor kendaraan luar kota dengan dominasi nomor plat B atau wilayah Jabodetabek.

"Jumlahnya terus meningkat dibandingkan beberapa hari lalu," katanya.

Pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya yang melewati tol dan akan menuju Bumiayu, Purwokerto, Yogyakarta, Kebumen, dan sekitarnya seluruhnya keluar di pintu tol Pejagan, Brebes.

Setelah itu, kendaraan akan melintas di jalur tengah Brebes atau di Kecamatan Ketanggungan dan dilanjutkan ke ruas jalan di Kecamatan Larangan, Songgom sampai kemudian tembus di flyover Klonengan Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.

Jalur Pejagan- Klonengan terpantau cukup baik karena baru beberapa waktu yang lalu diperbaiki. Meskipun demikian, di beberapa titik ada beton yang pecah dan mengakibatkan jalan bergelombang.

Setelah menembus flyover Klonengan, Kabupaten Tegal, pemudik akan melintas kembali di daerah Kabupaten Brebes yakni di Kecamatan Tonjong. 
Setelah itu baru melewati Kecamatan Bumiayu, dan Paguyangan hingga perbatasan Banyumas.

Di sepanjang jalur tersebut, tampak beberapa warung-warung semi permanen yang didirikan di sisi jalan.

Beberapa di antaranya bahkan menyediakan fasilitas WC umum.

Sementara pemudik berkendaraan roda dua tidak tampak dominan karena diperkirakan mereka lebih banyak melalui jalur pantura Brebes.
Pengguna sepeda motor yang tampak sebagian besar adalah masyarakat lokal dengan plat nomor kendaraan G.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018