Barcelona (ANTARA News) - Peraih posisi pole kualifikasi MotoGP Spanyol, Jorge Lorenzo, merasa lebih kencang membalap di Catalunya ketimbang saat menjuarai GP Mugello yang menjadi kemenangan perdananya bersama Ducati pada awal bulan ini.

Lorenzo menjadi pusat perhatian penggemar MotoGP dalam beberapa pekan belakangan setelah menjuarai GP Mugello, dan mengungguli Marc Marquez untuk merebut pole pertamanya sejak 2016 pada Sabtu.

Pebalap Spanyol itu bahkan mengakui bahwa kecepatannya di Barcelona lebih baik ketimbang saat menang di Mugello, saat ini menguasai jalannya balapan dari awal hingga akhir.

"Jelas saya sangat puas dan sangat senang dengan posisi pole, setelah kemenangan, itu adalah hal terpenting yang bisa Anda dapatkan," kata Lorenzo setelah kualifikasi di Barcelona dilansir Autosports.

"Terutama saya merasa senang dengan motor saya," katanya.

Baca juga: Rossi: 'Bodoh' jika mencoret Lorenzo dari persaingan juara

"Di Mugello saya merasa hebat dan di sini di jalur yang berbeda, saya merasa mungkin lebih baik. Lebih baik daripada ujicoba (di Barcelona) sebulan lalu, selalu dengan kecepatan yang baik, dan merasa sangat nyaman dengan ban dan segalanya," kata Lorenzo.

Lorenzo menambahkan bahwa ia mengalami perubahan drastis setelah awal musim 2018 yang mengecewakan.

"Hanya ini, hal yang berubah dari Le Mans ke Mugello," katanya. "Dan itulah yang terjadi di Mugello, bahkan tidak semua orang percaya itu."

Jorge Lorenzo merebut posisi pole untuk pertama kalinya saat menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi MotoGP Catalunya di Barcelona, Sabtu.

Ini merupakan posisi pole pertama Lorenzo sejak terakhir kali menjadi yang tercepat dalam kualifikasi di GP Valencia, dua tahun silam.

Lorenzo, yang meraih kemenangan pertamanya bersama Ducati di Mugello pada awal bulan ini, berhasil mengungguli juara bertahan Marc Marquez yang finish di posisi kedua pada sesi kualifikasi dengan selisih waktu 0,066 detik.

Baca juga: Lorenzo rebut pole di GP Barcelona, pertama sejak 2016

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018