Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang kembali berlayar untuk melayani masyarakat dari Sinabang, Kabupaten Simeulue tujuan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, setelah sempat tak beroperasi selama libur Lebaran 2018.

Kepala PT ASDP Feri Indonesia perwakilan Meulaboh, Desrizal Marbeth, di Meulaboh, Selasa, menuturkan, kapal feri malam ini berangkat dari Sinabang yang berada di kepulauan terluar Provinsi Aceh itu dengan tujuan dermaga Meulaboh.

"Sore tadi (Selasa) KMP Teluk Sinabang berlayar dari Sinabang tujuan Meulaboh. Sesuai jadwal pra dan setelah lebaran Idul Fitri tahun ini, besok (Rabu) merupakan perdana kapal feri untuk lintasan Meulaboh - Sinabang," katanya.

Pada tanggal 14 - 17 Juni 2018, KMP Teluk Sinabang tidak operasi karena libur Idul Fitri 1439 Hijriah/ 2018 Masehi, kapal feri tersebut menuntaskan pengangkutan penumpang pada arus mudik hingga H - 2 lebaran tahun ini dan berhenti selama lebaran.

KMP Teluk Sinabang mulai beroperasi pada Senin (18/6), berangkat dari Labuhanhaji tujuan Sinabang pukul 22.00 WIB, kemudian kapal feri kembali bertolak pada Selasa (19/6) pukul 22.00 WIB dengan rute Sinabang - Meulaboh.

Selama arus mudik Lebaran, KMP Teluk Sinabang mengalami beberapa perubahan rute trayek, biasanya kapal feri tersebut hanya diprioritaskan untuk lintasan Meulaboh - Sinabang pulang pergi (PP), namun saat ini juga melayani Labuhanhaji - Sinabang.

"Jumlah penumpangnya masih direkap, nanti kita sampaikan karena jadwal pertama kemarin itu dari Labuhanhaji, terus yang perdana dari Meulaboh tujuan Sinabang besok siang (Rabu)," jelasnya dalam pesan tertulis diterima wartawan.

Lebih lanjut Desrizal Marbeth, menuturkan, selama libur Lebaran KMP Teluk Sinabang tidak melayani rute penyeberangan, berbeda dengan kondisi pelayaran dari Banda Aceh tujuan Kota Sabang, lintasan itu lebih berfokus pada pelayanan untuk wisatawan.

Sementara itu, terpantau di lokasi dermaga pelabuhan penyeberangan Meulaboh di Kecamatan Samatiga, pada Selasa (19/6) malam, antrean kendaraan roda empat dan roda enam sudah terlihat memadati parkiran terminal pelabuhan tersebut.

Kendaraan yang mendominasi adalah truk pengangkut logistik dari daratan tujuan Sinabang Kabupaten Simeuleu, beberapa unit diantaranya memang sudah menanti beberapa kali jadwal keberangkatan KMP Teluk Sinabang lewat lintasan itu.

Baca juga: KMP Teluk Sinabang dihadang gelombang 4,5 meter

Pewarta: Anwar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018