Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Rakyat China di Indonesia berencana membuka pusat pelayanan informasi wisatawan China di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk menyambut delegasi dan warga China dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 dan tujuan wisata di Indonesia.

"Kami berharap Asian Games akan mencapai kesuksesan yang luar biasa dan bagi warga Negara China yang akan datang ke Indonesia menonton pertamdingan atau kunjungan wisata, kami juga mendoakan semoga mendapat perjalanan yang lancar dan baik," kata Kuasa Usaha (Charge d`Affaires) Kedubes China di Indonesia Sun Weide, Jakarta, Jumat.

Pada acara Asian Games ke-18 itu, dia mengatakan pihaknya juga menambahkan layanan khusus layanan konsuler Asian Games pada nomor telepon layanan konsuler yang sudah berjalan saat ini, untuk meningkatkan layanan konsuler terhadap warga Negara China yang datang menonton pertandingan dan berlibur.

"Kami berharap agar penyelenggaraan Asian Games ke-18 dapat berjalan lancar dan sukses serta setiap wisatawan China dapat berkunjung ke Indonesia dengan aman dan nyaman," ujarnya.

Pada Jumat, Kedubes China di Indonesia telah meluncurkan Film Layanan Konsuler berjudul "Wonderful Trip to Indonesia" (Perjalanan Luar Biasa ke Indonesia) dan Iklan Layanan Konsuler dengan tema Asian Games 2018 untuk mempermudah wisatawan China berwisata ke Indonesia.

Acara peluncuran itu dihadiri antara lain Direktur Pemasaran Internasional untuk China Kementerian Pariwisata Indonesia Vinsensius Jamadus, Direktur Kerjasama Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi Effendy B. Perangin Angin, Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Soekarno-Hatta Erwin Situmorang, Kepala Kantor Imigrasi Khusus Soekarno-Hatta Enang Supriyadi.

Asian Games ke-18 diadakan pada 18 Agustus-2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan sebanyak 45 negara di kawasan Asia telah mendaftarkan untuk ikut serta dalam kompetisi olahraga internasional Asia Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018.

"Dari laporan tadi semua negara, 45 sudah mendaftar semuanya. Itu malah melebihi target kita. Atlet hampir 15 ribu dan official 7 ribu, jadi total 21 ribu. Karena penyelenggara menyiapkan (untuk) total 15 ribu, maka lagi disaring untuk menyesuaikan dengan itu," kata Jusuf Kalla setelah memimpin rapat persiapan Asian Games di kantor Inasgoc Senayan, Jakarta, Jumat.

Baca juga: China jaring atlet Asian Games melalui kejurnas

Baca juga: Turis China habiskan 429 miliar dolar untuk wisata ke luar negeri

Baca juga: Indonesia masuk 10 besar tujuan wisatawan China

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018