Jakarta (ANTARA News) - Tiga waki ganda campuran berhasil melaju ke putaran dua turnamen bulu tangkis Thailand Terbuka 2018 usai meraih hasil positif di putaran pertama, Selasa.

Bermain di lapangan Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand, tiga pasangan Indonesia yang berhasil melaju ke putaran dua tersebut adalah Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Selasa, Ricky/Debby berhasil menumbangkan duet tuan rumah Nitiphon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai 21-17, 21-17.

Bermain di kandang sendiri, membuat duet tuan rumah bersemangat yang akirnya membuat permainan berjalan ketat sejak awal gim pertama, namun pasangan Indonesia mampu lepas dari tempelan skor ketat duet Thailand dengan mencetak empat angka beruntun merubah kedudukan 18-14, sebelum akhirnya memenangkan gim pembuka.

Di gim kedua, pertandingan masih berlangsung ketat seiring duet Thailand yang tak mau dipermalukan di depan publik sendiri. Akan tetapi dewi fortuna berpihak ke pihak Indonesia yang memperoleh kemenangan setelah di fase akhir gim membalikan keadaan dari tertinggal 14-15 menjadi 19-15.

Sementara itu, Praveen/Melati yang merupakan unggulan lima, melaju ke putaran dua usai menundukan wakil Jepang Takuro Hoki/Koharu Yonemoto dalam pertarungan dua gim berkesudahan 21-15, 21-15.

Sempat memimpin jalannya pertandingan di awal gim perdana hingga 8-4, poin Hoki/Yonemoto dibalikan oleh Praveen/Melati menjadi 8-10. Walau berusaha mengejar, duet Jepang ini tetap tak kuasa membendung pasangan Indonesia mendapatkan kemenangan gim ini.

Di gim kedua, Praveen/Melati mampu memanfaatkan momentum positif di gim perdana dan langsung mendominasi jalannya pertandingan bahkan hingga jarak sembilan angka, 12-3.

Walau duet Jepang berusaha mati-matian untuk memaksakan gim penentu, hingga akhir laga yang dimenangkan duet Indonesia, mereka tak pernah sekalipun menyusul atau bahkan  menyamakan kedudukan dengan Praveen/Melati.

Adapun Hafiz/Gloria, melaju ke putaran dua dengan menundukan duet Jerman Peter Kaesbauer/Olga Konon, juga dengan pertarungan dua gim yang berkesudahan 21-14, 23-21.

Meski bermain ketat di awal gim perdana, pasangan Indonesia ini berhasil mendominasi sejak tengah paruh pertama gim hingga akhirnya gim perdana ini dipastikan jadi milik mereka.

Harapan pasangan Jerman terlihat di awal gim kedua ketika unggul 9-4, namun pasangan Indonesia berhasil membalikan keadaan. Praveen/Debby akhirnya berhasil memenangkan pertandingan setelah sebelumnhya bermain dalam perebutan poin yang ketat dan mengalami sekali adu seting.

Sayangnya, raihan positif ketiga pasangan tersebut tidak berhasil diikuti oleh tiga pasangan Indonesia lainnya, yang hari ini dipastikan pulang lebih awal.

Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami menyerah di tangan duet Inggris Ben Lane/Jessica Pugh 21-18, 19-21, 10-21. Duet Riky Widianto/Masita Mahmudin juga mengalami hal yang serupa setelah dikalahkan duet Jepang Yugo Kobayashi/Misaki Matsutomo 16-21, 19-21.

Nasib minor juga diderita Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow yang kandas oleh Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa dari India setelah bermain tiga gim dengan skor 21-19, 14-21, 17-21.

Nomor ganda campuran masih berkesempatan menambah wakil di putaran kedua melalui dua wakil yang melewati babak kualifikasi, Andika Ramadiansyah/Mychelle Crhystine Bandaso dan Irfan Fadhilah/Pia Zebadiah Bernadet yang akan memainkan putaran pertamanya Rabu (11/7). ***4***

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018