KM Egon dapat digunakan untuk mengangkut mobil, alat berat dan penumpang. Silakan bagi warga yang akan memanfaatkan transportasi laut dengan cuma-cuma untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke NTB,
Jakarta, (ANTARA News) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menyiapkan kapal motor (KM) Egon sebagai sarana transportasi untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan tanpa dipungut biaya atau gratis dari Surabaya ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pelni sebagai BUMN transportasi laut menyediakan sarana transportasi kapal laut gratis untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke Lombok, NTB, melalui Pelni Cabang Surabaya di Pelabuhan Tanjung Perak," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Ridwan Mandaliko, di Jakarta, Senin.

Pengiriman bantuan dapat dilakukan secara langsung melalui Pelni Cabang Surabaya di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, tanpa dipungut biaya atau gratis.

Ridwan mengemukakan, penyediaan transportasi laut secara gratis dari Pelni merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat Lombok, NTB, dan sekitarnya yang terkena musibah gempa bumi.

KM Egon, lanjut Ridwan, akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Selasa (7/8) ke Pelabuhan Lembar, NTB. KM Egon akan bersandar pada pukul 13.00 WIB dan berangkat pada pukul 18.00 WIB.

Dijelaskan, KM Egon merupakan kapal tipe Roro dan dapat mengangkut mobil, alat berat dan penumpang.

"KM Egon dapat digunakan untuk mengangkut mobil, alat berat dan penumpang. Silakan bagi warga yang akan memanfaatkan transportasi laut dengan cuma-cuma untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke NTB," kata Ridwan Mandaliko.

Selain menyiapkan transportasi laut secara gratis bagi masyarakat yang akan mengirimkan bantuan kemanusiaan, Pelni Grup yang terdiri atas PT Pelni (Persero), PT Sarana Bandar Nasional (SBN), PT Pelita Indonesia Jaya (PIDC) dan PT Rumah Sakit Pelni juga akan memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di NTB, Selasa (7/8).

Bantuan dari Pelni Grup berupa beras, gula pasir, minyak goreng, susu, obat-obatan, dan makanan kemasan diangkut dengan KM Egon dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, menuju Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB.

Kepala Pelni Cabang Surabaya Presda akan mewakili Direksi Pelni menyerahkan bantuan kepada Nakhoda KM. Egon, untuk diserahkan kepada Kepala Koordinator Terminal Poin Ampenan yang akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.*

Baca juga: DPR dorong K/L segera bersinergi bantu korban bencana

Baca juga: Besok pagi Markas Besar TNI berangkatkan tim kesehatan gabungan ke Lombok

Baca juga: Masa tanggap darurat gempa Lombok diperpanjang tujuh hari

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018