Jakarta (ANTARA News) - Suriah bakal menantang Filipina untuk memperebutkan peringkat kelima bola basket putra Asian Games 2018 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (31/8).

Hal itu dipastikan setelah Suriah merengkuh kemenangan perdana mereka di Asian Games 2018, dengan mengalahkan Indonesia 76-6 dalam laga penyisihan pemeringkatan di Hall Basket GBK, Selasa.

Hasil itu jadi kemenangan pertama Suriah, setelah sebelumnya takluk 55-68 dari Iran di penyisihan Grup B dan menyerah 75-82 di tangan Chinese Taipei pada babak perempat final.

Kemenangan perdana Suriah disokong catatan gemilang Tarek Aljabi yang memborong 33 poin, ditambah masing-masing 10 poin dari Abdulwahab Alhamwi dan Sharif Al Osh.

Sementara bagi Indonesia, kapten tim Arki Dikania Wisnu dan Xaverius Prawiro sama-sama mengemas 14 poin diikuti 13 poin dan 7 rebound dari Jamarr Andre Johnson.

Baca juga: Lewati Indonesia, Kazakhstan perebutkan peringkat kelima basket putri kontra Thailand

Lawan Suriah di perebutan peringkat kelima, Filipina, melaju usai menyingkirkan Jepang 113-80 dalam pertandingan yang berlangsung lebih awal.

Christian Standhardinger membukukan double-double 27 poin dan 13 rebound dibantu 22 poin, 6 rebound dan 9 assist dari Jordan Clarkson berhasil memenangkan Filipina di laga tersebut.

Di kubu Jepang, Taichi Nakamura mencapai double-double lewat 16 poin dan 11 assist disusul 15 poin milik Naoya Kumagae, namun tak cukup menghindarkan timnya dari kekalahan.

Sementara Suriah dan Filipina berebut peringkat kelima, pada hari yang sama di laga yang berlangsung lebih awal Indonesia akan bertemu Jepang untuk menentukan peringkat ketujuh di Istora GBK.

Baca juga: Hasil perempat final basket putra, semua tim juara grup melaju

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018