"Ekspektasi yang telah menurun pada Juni dan Juli, memantul kembali pada Agustus dan terus menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang solid..."
New York (ANTARA News) -  - Saham-saham di Wall Street menguat pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah Amerika Serikat dan Meksiko mencapai kesepakatan perdagangan hari sebelumnya, yang kemungkinan membuka jalan untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 14,38 poin atau 0,06 persen, menjadi berakhir di 26.064,02 poin. Indeks S&P 500 bertambah 0,78 poin atau 0,03 persen, menjadi ditutup di 2.897,52 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir meningkat 12,14 poin atau 0,15 persen, menjadi 8.030,04 poin.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Senin (27/8) bahwa kesepakatan baru itu akan disebut Perjanjian Perdagangan Amerika Serikat-Meksiko dan kesepakatan bilateral itu akan sangat istimewa bagi para petani dan pengusaha pabrik.

Meskipun negosiasi antara Amerika Serikat dan Kanada belum dimulai, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kepada media pada Selasa (28/8) bahwa dia berharap kesepakatan dengan Kanada akan segera diselesaikan.

Di sisi ekonomi, kenaikan harga rumah AS melambat pada Juni, menunjukkan suku bunga kepemilikan rumah yang lebih tinggi dan tantangan keterjangkauan perumahan secara bertahap berdampak negatif.

Indeks Harga Rumah Nasional NSA AS dari S&P CoreLogic Case-Shiller, yang mencakup sembilan divisi Sensus AS, melaporkan kenaikan tahunan 6,2 persen pada Juni, turun dari 6,4 persen pada bulan sebelumnya.

"Sekalipun harga rumah terus meningkat, kami melihat tanda-tanda bahwa pertumbuhan di pasar perumahan mereda," kata David Blitzer, direktur pelaksana dan ketua komite indeks di S&P Dow Jones Indices dalam rilisnya.

"Penjualan rumah baru dan rumah bekas kira-kira datar selama enam bulan terakhir, di tengah-tengah berita tentang peningkatan jumlah rumah yang dijual di beberapa pasar," kata Blitzer.

Sementara itu, kepercayaan konsumen naik pada Agustus ke level tertinggi sejak Oktober 2000, membangun hasil yang solid pada Juli.

Indeks Kepercayaan Konsumen The Conference Board mencapai 133,4 pada Agustus, naik dari 127,9 pada Juli.

"Ekspektasi yang telah menurun pada Juni dan Juli, memantul kembali pada Agustus dan terus menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang solid untuk sisa 2018," kata Lynn Franco, direktur indikator ekonomi di The Conference Board.

Baca juga: Aksi ambil untung sebabkan penurunan tipis harga minyak
Baca juga: Ekspektasi kenaikan bunga The Fed, picu penurunan harga emas
Baca juga: Muncul data ekonomi baru, kurs dolar diperdagangkan bervariasi

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018