Palembang (ANTARA News) - Indonesia hanya mengandalkan satu atlet yakni Andi Ameera Sayaka Cakravastia pada nomor elit putri triathlon di Asian Games 2018.

Pertandingan nomor ini digelar di Jakabaring Sport City, Palembang, Jumat pagi. Ada 22 atlet yang berkompetisi pada nomor ini. Saingan berat akan datang dari Yuko Takahashi dari Jepang, Yan Yin Hilda Choi dari Hongkong, Aljerewi Najlaa dari Kuwait, dan Mengying Zhong dari China. 

Andi Ameera Cakravastia dalam pernyataannya sebelum pertandingan mengatakan sangat menunggu pertandingan triathlon Asian Games (AG) 2018. Ia mengatakan siap bersaing di kejuaran olahraga antar-bangsa di Asia itu. Sebagai atlet yang mewakili Indonesia, Andi mengatakan akan mengeluarkan kempuan terbaiknya.

“Menjadi tuan rumah Asian Games dan saya bisa mewakili Indonesia adalah sebuah hehormatan buat saya,” katanya.

Baca juga: Tim mixed relay Triathlon belum targetkan medali

Nomor elit putri sesuai jadwal akan dimulai pada pukul 07.30 WIB yang langsung memperebutkan medali. Atlet mengalami pertandingan dengan berenang di danau buatan di depan arena menembak Jakabaring Sport City sebanyak dua putaran (laps). Masing-masing putaran berjarak 750 meter, sehingga total setiap atlet harus berenang sejauh 1,5 kilometer (Km).

Kemudian mereka akan melakukan transisi ke sepeda sejauh 40 Km. Ada enam laps yang masing-masing berjarak 6,7 Km. Titik start dan finis bersepeda ada di depan arena menembak. Rute yang dilalui nanti para atlet akan melintasi wisma atlet, keluar ke jalan raya melalui pintu utama dan melintasi Tugu Parameswara, melewati rute lurus mengarah ke Jembatan Ampera namun berputar balik dan kembali ke titik awal bersepeda. 

Selanjutnya, atlet akan melanjutkan pertandingan dengan berlari sejauh 10 Km yang dibagi dalam empat laps. Rute lari tetap berada di dalam kompleks Jakabaring Sport City. 

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018