Uherse Hradiste (ANTARA News) - Pemain pengganti Ukraina Oleksandr Zinchenko mengemas gol pada menit akhir ketika tim tamu mengamankan kemenangan 2-1 atas Republik Ceko pada pertandingan pembukaan Nations League mereka pada Kamis.

Pertandingan Liga B Grup 1 yang menghibur ini terlihat akan berakhir imbang sampai Zinchenko menyambar bola umpan silang ke gawang yang kosong dengan waktu hanya menyisakan beberapa detik.

Ceko unggul terlebih dahulu melalui Patrik Schick namun Yevhen Konoplyanka menyamakan kedudukan untuk Ukraina sebelum turun minum.

Ukraina mendominasi sebagian besar jalannya pertandingan, dengan catatan sepuluh tembakan ke gawang berbanding lima tembakan serupa milik tuan rumah, dan memaksa kiper Ceko Tomas Vaclik melakukan sejumlah penyelamatan penting.

Schick membawa tim tuan rumah mengawali permainan dengan indah pada menit keempat ketika ia menggiring bola di sektor sayap, dan melepaskan tembakan kaki kiri tanpa dapat dihentikan kiper Andriy Pyatov di tiang dekat.

Tim tamu kemudian mengambil kendali permainan, menyamakan kedudukan ketika Andriy Yarmolenko membiarkan bola operan melewati sela-sela kakinya untuk menuju Konoplyanka, yang menyentuhnya dan kemudian melepaskan tembakan.

Ukraina memaksa Vaclik melakukan sejumlah penyelamatan pada fase akhir pertandingan ketika mereka terus mencari gol penentu kemenangan, dan mendapatkannya sebelum peluit panjang berbunyi melalui gol Zinchenko.

Slovakia adalah negara lain di grup mereka yang berisi tiga tim.

Nations League, buah pikiran badan sepak bola Eropa UEFA, bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan pada musim gugur dan musim semi di level internasional, di mana terdapat penurunan minat klub dan para penggemar terhadap musim sepak bola domestik.

Diselenggarakan setiap dua tahun, kompetisi ini diikuti 55 tim nasional UEFA yang dibagi dalam empat divisi serta empat grup, di mana pertandingan-pertandingan akan dimainkan antara September dan November.

Baca juga: Hasil pertandingan UEFA Nations League

Pewarta: Adipati Rauf
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018