BPJS Kesehatan gandeng CIMB Niaga kerja sama SCF

BPJS Kesehatan gandeng CIMB Niaga kerja sama SCF

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara (kedua kiri) bersalaman dengan Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso (kedua kanan) usai menandatangani nota kesepahaman kerja sama pembiayaan supply chain untuk fasilitas kesehatan di Graha CIMB Niaga Jakarta, Rabu (12/9/2018). (dok BPJS Kesehatan)

Saat ini sejumlah perbankan baik nasional maupun swasta siap memberikan manfaat pembiayaan tagihan pelayanan kesehatan melalui SCF. Ini bisa dimanfaatkan oleh faskes agar likuiditas rumah sakit berjalan baik,
Jakarta, (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk dalam kerja sama Supply Chain Financing (SCF) atau pembiayaan untuk fasilitas kesehatan memperoleh dana talangan sebelum biaya klaim Jaminan Kesehatan Nasional diberikan secara keseluruhan.

Nota kesepahaman BPJS Kesehatan dan CIMB Niaga ditandagangani oleh Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso dan Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu.

CIMB Niaga memberikan pembiayaan kepada fasilitas kesehatan dengan pola anjak piutang, sehingga faskes dapat menerima pembayaran lebih awal dari bank atas tagihannya ke BPJS Kesehatan sampai adanya penyelesaian pembayaran dari BPJS Kesehatan dilakukan.

Kemal mengatakan sinergi dengan CIMB Niaga merupakan langkah untuk membantu fasilitas kesehatan agar dapat menjaga arus kas dan likuiditasnya melalui pembiayaan dari perbankan. 

"Kami mengapresiasi kontribusi CIMB Niaga dalam mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS. Saat ini sejumlah perbankan baik nasional maupun swasta siap memberikan manfaat pembiayaan tagihan pelayanan kesehatan melalui SCF. Ini bisa dimanfaatkan oleh faskes agar likuiditas rumah sakit berjalan baik," ujar Kemal.

Sementara Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan pihaknya menyediakan dana hingga Rp1 triliun pada tahap pertama bagi rumah sakit yang membutuhkan dana talangan sebelum klaim dibayarkan oleh BPJS Kesehatan.

"CIMB Niaga merasa terhormat dapat berperan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia melalui kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia, kami siap menyediakan solusi finansial bagi fasilitas kesehatan agar bisa menjaga kesinambungan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan optimal," kata Pandji.

Selain pembiayaan, lanjut Pandji, rumah sakit juga dapat memanfaatkan berbagai produk dan layanan perbankan yang ditawarkan CIMB Niaga.

CIMB Niaga menawarkan solusi lengkap dan komprehensif untuk semua kebutuhan finansial faskes dengan memanfaatkan teknologi yang memudahkan pengelolaan keuangan secara daring dengan fitur lengkap yang aman dan nyaman. *

Baca juga: RSUD Banjarbaru tagih hutang BPJS-Kes Rp8,4 miliar

Baca juga: Pemberian PBI kepada pekerja tekan beban APBN


 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pusat Forensika UII sarankan ini atas kebocoran data BPJS Kesehatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar