counter

Paus terima pengunduran diri dua lagi uskup Chile

Paus terima pengunduran diri dua lagi uskup Chile

Paus Fransiskus tiba untuk memimpin misa di Kairo, Mesir, Sabtu (29/4/2017). (Osservatore Romano/Handout via)

Kota Vatikan (ANTARA News) - Paus Fransiskus menerima pengunduran diri dua lagi uskup Chile, kata Vatikan pada Jumat dalam langkah terkininya untuk menghadapi pelecehan seksual meluas di berbagai belahan dunia.

Jumlah uskup mengundurkan diri mencapai tujuh sejak 34 uskup di negara itu mengajukan pengunduran diri secara massal dalam sidang darurat dengan Paus pada Mei atas dugaan menutup-nutupi perkara itu.

Pertemuan tersebut diadakan setelah penyelidik Vatikan mengeluarkan laporan 2.300 halaman, yang menduga pejabat Gereja di Cile tidak bertindak atas pengaduan penyelewengan dan dalam beberapa perkara menyembunyikannya.

Menurut laporan Reuters, dengan pengunduran diri paling akhir itu, Paus telah mencabut kepemimpinan sekitar 20 persen dari diosis di negara Amerika Latin tersebut.

Vatikan menyatakan dua uskup yang mengundurkan diri ialah Uskup Carlos Eduardo Pellegrn Barrera dari diosis San Bartolomeo de Chillian, dan Uskup Cristian Enrique Contreras.

Kedua uskup tersebut tak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Terkait dengan pengunduran diri itu, Paus Fransiskus mengangkat uskup lain sebagai komisioner untuk mengelola diosis hingga pengumuman lebih lanjut.

Editor M.Anthoni/Boyke Soekapdjo
 

Pewarta:
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar