Sydney (ANTARA News) - Pasar saham Australia dibuka melemah Jumat, karena kenaikan moderat di sektor perbankan dan kebutuhan pokok konsumen gagal melebihi penurunan di sektor energi dan pertambangan.

?Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun tipis 9,10 poin atau 0,15 persen menjadi diperdagangkan di 6.167,20 poin, sementara All Ordinaries yang lebih luas turun 10,20 poin atau 0,16 persen, menjadi 6.283,70 poin.

Selain dari berbagai harga komoditas, saham Aussie juga berada di bawah tekanan dari kenaikan imbal hasil obligasi AS.

"Saham-saham merosot dalam perdagangan overnight karena dolar AS mempertahankan harga lebih tinggi dan imbal hasil obligasi AS bertahan di atas tingkat break out," kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy mengatakan.

"Baik obligasi AS 10 tahun maupun 30 tahun diperdagangkan pada harga terendah tujuh tahun untuk sesi kedua, mengurangi kemungkinan break palsu (tertembusnya level support atau resistance yang salah)."

Juga pada Jumat, menurut McCarthy, rilis data ekonomi dapat menciptakan beberapa riak untuk pasar lokal.

"Data upah Jepang yang dirilis pagi ini dapat menambah tekanan pada yen, jika mereka mengkonfirmasi penurunan yang diproyeksikan pada Agustus," katanya.

"Angka penjualan ritel Australia yang akan dirilis pagi juga bisa berdampak."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia bangkit dengan Commonwealth Bank naik 0,16 persen, Westpac Bank naik 0,07 persen, National Australia Bank naik 0,02 persen dan ANZ naik 0,33 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar turun dengan BHP melemah 0,14 persen, Rio Tinto turun 0,56 persen dan Fortescue Metals turun 0,54 persen, namun penambang emas Newcrest naik 0,62 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas merosot dengan Woodside Petroleum turun 0,64 persen, Oil Search turun 0,66 persen dan Santos turun 1,61 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia bervariasi, dengan Wesfarmers tidak berubah dan Woolworths naik 1,38 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas juga tidak berubah dan perusahaan biomedis CSL turun tipis 0,09 persen.

Baca juga: Kenaikan imbal hasil obligasi dorong Wall Street berakhir lemah

Baca juga: Seriring pelemahan global, IHSG dibuka turun 18,02 poin

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018