UEFA tambah dana partisipasi dalam Nations League

UEFA tambah dana partisipasi dalam Nations League

Dua penggawa tim nasional Bosnia & Herzegovina, Toni Sunjic (kiri) dan Darko Todorovic (kanan), meluapkan kegembiraan atas gol yang dicetak Edin Dzeko ke gawang Austria dalam laga lanjutan Divisi B Grup 3 UEFA Nations League di Stadion Bilino Polje, Zenica, Bosnia & Herzegovina, Selasa (11/9/2018) setempat. (twitter.com/UEFAEURO)

Jakarta (ANTARA News)  - Tim nasional dari 55 negara yang berpartisipasi dalam UEFA Nations League akan mendapat tambahan dana solidaritas sebanyak 50 persen, demikian disampaikan regulator sepak bola Eropa, UEFA.

Dua belas tim terkuat berdasarkan peringkat UEFA - dibagi dalam empat grup dari tiga di League A - masing-masing akan menerima dana solidaritas sebesar 2,25 miliar euro (sekitar Rp39,5 triliun), naik 750 ribu euro dari yang diumumkan pada Maret.

Setiap juara grup League A akan menerima bonus tambahan senilai 2,25 miliar euro, naik dari 1,5 miliar euro.

"Keputusan untuk meningkatkan dana solidaritas dan bonus diambil oleh komite eksekutif UEFA dan dimungkinkan berkat kondisi keuangan UEFA yang baik," demikian disampaikan UEFA lewat sebuah pernyataan, yang dilansir oleh Reuters.

UEFA bisa menambahkan bantuan keuangan tersebut berkat tambahan pemasukan dari Euro 2016 yang disisihkan untuk investasi.

Juara grup League A berhak untuk memperebutkan trofi UEFA Nations League dan tim yang keluar sebagai juara akan menerima dana solidaritas sebesar enam juta euro - sehingga total hadiah yang mereka terima mencapai 10,5 miliar euro.

Turnamen yang diciptakan untuk menggantikan pertandingan persahabatan internasional yang banyak ditentang oleh klub, pemain dan suporter karena mengganggu jadwal liga, kini mendapat banyak dukungan setelah beberapa pertandingan awal pada September. (KR-FDA)

 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar