Waspadai penyakit serius jika muncul bercak hingga ingin makan es terus-terusan

Waspadai penyakit serius jika muncul bercak hingga ingin makan es terus-terusan

Ilustrasi gelas berisi minuman dan es. (https://commons.wikimedia.org)

Jakarta (ANTARA News) - Ada sejumlah gejala yang mungkin tampak biasa saja namun ternyata merupakan pertanda masalah kesehatan serius, misalnya muncul bercak di leher, tumbuhnya rambut di dagu padahal Anda wanita dan lainnya.

Berikut paparan singkatnya:

1 Ada bercak di leher

Perubahan warna menyerupai ruam yang disebut acanthosis nigricans, “hampir terlihat seperti kotoran tetapi terasa seperti beludru,” kata Todd Sontag, DO, spesialis pengobatan keluarga dari Orlando Health Physician Associates seperti dilansir Foxnews, Senin (15/10).

Ruam ini biasanya muncul di belakang leher atau di ketiak dan seringkali merupakan tanda diabetes atau resistensi insulin.

“Pasien akan datang menanyakan tentang ruam ini. Seorang dokter merekomendasikan tes darah untuk memeriksa kadar gula darah dan membuat diagnosis," kata Todd.

2. Wanita tapi tumbuh rambut di dagu

Kondisi ini bisa menjadi tanda sindrom ovarium polikistik, “Biasanya Anda hanya melihat beberapa helai rambut, tetapi mereka gelap dan kasar seperti jenggot pria,” kata Todd.

Ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi masa menstruasi Anda, dan dengan demikian dapat memengaruhi kesuburan Anda.

3. Ada bintik darah di mata

Kondisi seperti ini diketahui sebagai perdarahan subconjunctival dan American Heart Association mencatat masalah ini lebih sering terjadi pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes. Dokter menyarankan Anda berkonsultasi mengenai kondisi mata setiap dua tahun.

4. Jempol kaki bengkak

Anda tak merasa jempol kaki Anda terbentur atau terkena sesuatu, namun tiba-tiba bengkak. Bisa jadi gejala awal asam urat, yang tidak hanya menyakitkan tetapi dapat menandakan risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal. Pemeriksaan riwayat medis dapat mendiagnosisnya.

5. Tiba-tiba ingin makan es

Todd mengatakan pasiennya terkadang bilang ingin memakan es sepanjang hari. Kondisi ini merupakan salah satu pertenda anemia defisiensi besi.

Anda memerlukan pemeriksaan darah, dan dokter Anda akan mencari tahu mengapa Anda mengalami anemia - apakah Anda kehilangan darah atau hal lainnya.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar