Piala AFC U-19

Indra Sjafri: Todd memang pemain spesialis babak kedua

Indra Sjafri: Todd memang pemain spesialis babak kedua

Pemain tim nasional sepak bola U-19 Indonesia Todd Rivaldo Ferre merayakan golnya ke gawang Qatar dalam laga Grup A Piala U-19 Asia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/10). Qatar memenangkan pertandingan ini dengan skor 6-5. (2018 Asian Football Confederation)

Todd memang kurang efektif bermain jika bermain dari babak pertama
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih tim nasional sepak bola U-19 Indonesia Indra Sjafri mengakui bahwa Todd Rivaldo Ferre sebagai pemain spesialis babak kedua.

Hal itu yang membuat Indra memasukkan Todd di paruh kedua hampir di seluruh partai timnas U-19, termasuk kala menghadapi Qatar di Grup A Piala U-19 Asia di mana Todd masuk mulai menit ke-55 dan mencetak trigol.

"Todd memang kurang efektif bermain jika bermain dari babak pertama," ujar Indra usai laga kontra Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Todd Rivaldo Ferre bermain gemilang kala menginjakkan kaki di lapangan dalam laga kontra Qatar menggantikan Rafli Mursalim pada menit ke-55.

Dia memberikan harapan kepada timnas U-19 Indonesia yang sudah tertinggal 1-6 melalui gol via sepakan bebasnya di menit ke-65. Gol itu kemudian memancing gol lainnya dari skuat Garuda Nusantara yang selanjutnya mengakhiri laga dengan skor 6-5.

"Pelatih berpesan kepada kami jangan pikirkan gol, tetap fokus ke pertandingan karena gol akan datang kemudian," tutur Todd ketika ditemui setelah pertandingan.

Menurut pemain Persipura tersebut, dirinya dapat mencetak gol karena melihat pemain bertahan Qatar sudah dalam keadaan lelah.

Oleh karena itulah, usai gol tendangan bebasnya, Todd berani menggiring bola hingga kotak penalti yang menghasilkan dua gol lain dari dirinya pada menit ke-72 dan 80'.

"Mungkin mereka sudah capai, jadi saya masuk ke kotak penalti dengan 'dribbling'," tutur dia.

Sementara terkait tendangan bebasnya, Todd Rivaldo mengaku sengaja mengarahkan bola ke tiang jauh, berkaca dari gol tendangan bebas Muhammad Luthfi di babak pertama. 

"Saya sengaja menempatkan ke tiang jauh. Dan untuk pertandingan selanjutnya melawan Uni Emirat Arab, saya siap diturunkan kapan dan di posisi mana saja," kata dia.

Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia dikalahkan Qatar dengan skor 5-6 pertandingan lanjutan Grup A Piala U-19 Asia 2018, Minggu.

Qatar unggul terlebih dahulu melalui gol Hashim Ali (7', 51'), Abdulrasheed Umaru (14', 41', 56) dan Mohammed Waad (24').

Indonesia membalas melalui deretan gol dari penyerang timnas U-19 Indonesia Todd Ferre yang menorehkan trigol dengan golnya di menit ke-65, 72' dan 80', serta dua gol lainnya ditorehkan gelandang Muhammad Luthfi Kamal (28'), Saddil Ramdani (68').

Kekalahan tersebut membuat Indonesia berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala U-19 Asia 2018 karena kalah "head to head" dengan Qatar yang bertengger di peringkat kedua, meski sama-sama berpoin tiga.

Uni Emirat Arab (UEA) memimpin grup tersebut dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Adapun Taiwan menjadi juru kunci setelah tak pernah menang dari dua laga. 

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi UEA di laga terakhir Grup A Piala U-19 Asia, pada Rabu (24/10) juga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Kemenangan akan membawa Indonesia ke babak perempat final. 

Baca juga: Qatar sudah perkirakan Indonesia bangkit babak kedua
Baca juga: Indra Sjafri puji semangat juang pemain Timnas U-19
Baca juga: Indonesia dikalahkan Qatar dalam drama 11 gol

Pewarta: Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar