Jakarta (ANTARA News) - Seperti apa hasilnya bila karakter ikonik Mickey Mouse dikawinkan dengan tenun Indonesia? 

Perancang Didiet Maulana dari IKAT Indonesia memamerkan hasil karya berupa paduan tenun dengan karakter animasi Disney dalam peragaan busana di Jakarta Fashion Week 2019. 

Disney bekerjasama dengan label fashion Indonesia dalam rangka perayaan 90 tahun Mickey Mouse sejak tampil di film pendek "Steamboat Willie" pada 18 November 1928.

Sebanyak 12 looks ditampilkan di "Disney's Mickey Mouse: The True Original", Senin malam, terdiri dari variasi busana seperti kaos, terusan, kemeja, terusan, rok hingga celana pendek.

Didiet melengkapinya dengan beragam aksesoris berbau Mickey Mouse seperti sepatu hingga boneka. 

Baca juga: Denis Setiano, satu-satunya penyulih suara Mickey Mouse di Indonesia
 
Koleksi IKAT Indonesia di peragaan busana Disney's Mickey Mouse: The True Original di Jakarta Fashion Week 2019, Senin (22/10/2018) (ANTARA News/ Chairul Rohman)


Mickey Mouse selaras dengan corak tenun dengan warna-warna alam seperti merah tua dan biru. Siluet-siluet kepala tikus terkenal itu berpadu serasi tanpa terlihat mencolok.

"Menyatukannya sangat menantang... kami pilih beberapa karakter tenun ikat yang bisa nyambung dengan Mickey," ujar Didiet sebelum peragaan busana di Jakarta, Senin petang.

Lima bulan lamanya dihabiskan oleh Didiet untuk membuat Mickey Mouse terlihat serasi dengan kekayaan kain Indonesia. 

"Saya diberi kebebasan untuk membuat any kind of product fashion," katanya.

Baca juga: Tenun ikat Didiet Maulana jadi pakaian barbie

Didiet ingin memperlihatkan ciri khas dari tahun kelahiran Mickey Mouse, 1928. Ia memasukkan konsep art deco yang jadi tren pada masa itu ke siluet-siluet Mickey Mouse di busana-busananya.

Sebanyak 50 variasi fashion item yang harganya berkisar di atas Rp200.000 hingga Rp800.000 itu dijual secara online melalui e-commerce JD.ID.

Antusiasme penggemar Mickey Mouse terlihat dari ludesnya beberapa produk, seperti kemeja dan kaos meski busana itu baru resmi dirilis usai peragaan busana malam ini. 

Selain IKAT Indonesia, koleksi yang terinspirasi Mickey Mouse juga dihadirkan oleh Matahari, Pop U, SUQMA dan UBS Gold.

Baca juga: Didiet Maulana: Kain Ikat bentuk komitmen saya

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018