Bursa Australia menguat dengan indeks ASX naik 27,30 poin

Bursa Australia menguat dengan indeks ASX naik 27,30 poin

Ilustrasi: Seorang sedang memotret pergerakan indeks acuan ASX 200 di Australia (Reuters)

Penguatan dolar Australia baru-baru ini dapat berlanjut jika tidak ada kejutan dalam pernyataan bank sentral
Sydney (ANTARA News) - Saham- saham di Bursa Australia lebih tinggi dengan kenaikan berbasis luas pada pembukaan perdagangan Selasa pagi, menjelang laporan bulanan bank sentral.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 27,30 poin atau 0,47 persen menjadi diperdagangkan di 5.845,40 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 25,60 poin atau 0,43 persen pada 5.930,40 poin.

Bank sentral Australia, Reserve Bank of Australia (RBA) akan menyampaikan laporan November mereka dengan suku bunga diperkirakan akan tetap ditahan tak berubah.

"Para analis mencari respons RBA untuk angka pengangguran yang lebih rendah dari perkiraan, meskipun tidak ada perubahan pada penilaian optimis yang diharapkan," kata Kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy, seperti dikutip Xinhua.

"Penguatan dolar Australia baru-baru ini dapat berlanjut jika tidak ada kejutan dalam pernyataan bank sentral," ucapnya.
 
Saham-saham material memantul meskipun harga-harga komoditas melorot, seperti halnya energi, dengan keuntungan terbesar berasal dari sektor konsumen kebutuhan pokok. Konsumen discretionary adalah "kambing hitam" pasar Aussie, turun 0,24 persen.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia terangkat, dengan Commonwealth Bank naik 0,28 persen, Westpac Bank naik 0,34 persen, National Australia Bank naik 0,55 persen dan ANZ naik 0,35 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar positif, dengan BHP turun 0,82 persen, Rio Tinto naik 0,84 persen dan Newcrest naik 0,48 persen, namun Fortescue Metals turun 0,36 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas menguat, dengan Woodside Petroleum naik 1,11 persen, Oil Search naik 1,06 persen dan Santos naik 1,57 persen.

Jaringan supermarket terbesar Australia meningkat, dengan Wesfarmers naik 1,07 persen dan Woolworths naik 0,49 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas meningkat 0,18 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,84 persen.

Baca juga: Wall Street ditutup bervariasi, saham Apple dan Amazon anjlok

Baca juga: Minyak Brent naik di tengah pemberlakuan sanksi AS terhadap Iran

Baca juga: Bursa Spanyol ditutup menguat dengan Indeks IBEX 35 naik 0,20 persen

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Presiden buka perdagangan perdana, IHSG menguat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar