Bandarjaya, Lampung Tengah (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo membagikan 1.300 sertifikat tanah kepada warga dalam acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Jumat.

Dalam kunjungannya ke Lampung, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga didampingi Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan Djalil, Menteri PUPR, Mochamad Basoeki Hadimoeljono, serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putri Sandjojo.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, di setiap daerah yang dia kunjungi, masalah sengketa tanah selalu ada. Dari 126 juta bidang tanah yang ada di Indonesia, masih sekitar 80 juta yang belum tersertifikat.

Jokowi mengatakan, sertifikat penting karena merupakan hak hukum atas tanah yang dimiliki.

Ia mengingatkan masyarakat untuk menjaga dan menggunakan sertifikat tanah yang telah dibagikan sebaik-baiknya, terutama untuk modal usaha jangan untuk berfoya-foya.

Dalam laporannya, Jalil menyebutkan, di Lampung Tengah tercatat 30.200 bidang tanah yang akan disertifikatkan. Pada acara ini. sebanyak 1.300 sertifikat yang diserahkan kepada masyarakat, terdiri atas sertifikat program PTSL dan sertifikat retribusi tanah.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018