Jakarta (ANTARA News) - Azan Subuh berkumandang di Monumen Nasional (Monas) Jakarta sebagai tanda dimulainya Shalat Subuh berjamaah dan diikuti seluruh peserta Reuni 212,  setelah rangkaian acara sudah dimulai sejak pukul 03.00 WIB, Minggu dini hari.

Azan Subuh dikumandangkan oleh Ustad Helmi usai peserta Reuni 212 melaksanakan shalat tahajud berjamaah dan doa.

Selanjutnya massa yang mengikuti kegiatan tersebut shalat sunnah sebelum Subuh, dan melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah.

Berdasarkan susuan acara, shalat Subuh berjamaah diimami oleh KH Nashier Zein.

Monas yang tadinya hiruk pikuk oleh suara kerumunan ribuan orang seketika hening saat shalat Subuh dilaksanakan. 

Bacaan surat oleh imam terdengar sahut menyahut dari sejumlah pengeras suara yang ditempatkan di titik yang berbeda-beda. Suara burung berkicauan di sekitar taman monas.

Sejumlah tokoh
Pantauan Antara, sejumlah tokoh tampak hadir dan ikut shalat Subuh berjamaah seperti Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso.

Amien tiba di Monas, Jakarta Pusat, pukul 04.08 WIB dengan mengenakan baju koko putih dan penutup kepala berwarna hitam yang bertuliskan kalimat tauhid.

Dua menit berselang, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid dan Sekjen PKS Mustafa Kamal hadir di Monas. Mereka langsung menuju panggung untuk menunaikan salat subuh berjamaah.

Sebelumnya, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Eddy Soeparno sudah tiba terlebih dahulu di lokasi. Ada juga Ketum PA 212 Slamet Ma'arif dan Ketua FUI Al Khaththath.

Baca juga: Peserta Reuni 212 tahajud berjamaah di Monas
Baca juga: Peserta Reuni 212 Yogyakarta kenakan lurik dan blangkon
Baca juga: Pedagang menjamur dari Monas ke Istiqlal

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018