Dalam beberapa tahun ini perusahaan memang sedang memfokuskan perluasan jaringan di luar Jawa, namun bukan berarti penguatan jaringan di Jawa tidak diperhatikan
Banyuwangi (ANTARA News) - Operator telekomunikasi XL Axiata berkomitmen memperluas serta memperkuat jaringan dengan cara membangun menara BTS (base transceiver station) di luar Pulau Jawa yang dinilai memiliki potensi besar untuk merebut pelanggan komunikasi.

"Dalam beberapa tahun ini perusahaan memang sedang memfokuskan perluasan jaringan di luar Jawa, namun bukan berarti penguatan jaringan di Jawa tidak diperhatikan," kata Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih dalam acara Media Gathering East Region di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa.

Menurutnya, perusahaan sudah melakukan banyak investasi pembangunan infrastruktur seperti dengan mendirikan BTS dalam jumlah besar di hampir seluruh pulau di luar Jawa, bahkan hingga ke Papua dan Nusa Tenggara Timur.

Strategi perluasan jaringan di luar Pulau Jawa, kata Wahyuningsih, dilakukan mengingat jumlah pertumbuhan pelanggan XL Axiata menunjukkan tren meningkat signifikan, sehingga perusahaan merasa perlu untuk memperkuat jaringan sehingga bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim mengatakan data menunjukkan jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 145 juta orang, sementara 130 juta orang merupakan pengguna media sosial, dan ada 415 juta orang yang menggunakan nomor selular aktif.

"Jumlah pengguna nomor selular aktif sangat besar karena saat ini banyak masyarakat yang memiliki dua hingga tiga nomor untuk satu orang. Ini yang menjadikan industri telekomunikasi di Indonesia berkembang cepat sehingga sangat potensial," katanya.

Khusus untuk XL Axiata, katanya, di wilayah Indonesia timur merupakan kawasan yang saat ini sudah dan akan terus dikembangkan serta diperkuat jaringannya karena dinilai masih memiliki potensi yang luar biasa besar.

Area jangkauan XL Axiata wilayah timur adalah mencakup Jawa Timur, Balinusra, Sulawesi, Maluku, dan Papua yang total BTS yang dibangun sebanyak 6.800 BTS 4G dan lebih 13.600 BTS 3G.

"Jumlah pelanggan XL di wilayah timur setidaknya mencapai lebih 15 juta orang dengan pertumbuhan trafik internet pada 2018 meningkat 59 persen dibandin," katanya.

Khusus untuk perluasan jaringan di Sulawesi, Maluku dan Papua, katanya, perusahaan setidaknya telah membangun total 3.400 BTS terdiri dari 1.300 BTS 4G dan 2.100 BTS 3G yang mampu menjangkau 90 persen populasi di pulau-pulau tersebut.

Dikatakan, dengan terus memperluas jaringan dalam beberapa tahun terakhir ini, katanya, maka pelanggan mendapatkan jangkauan jaringan data lebih luas di Jawa dan luar Jawa, juga pelanggan bisa mengakses data yang kuat, serta mempermudah memenuhi kebutuhan pelanggan melalui layanan interaksi digital yang mudah digunakan.

Baca juga: Pendapatan XL Axiata tumbuh positif kuartal ketiga 2018
Baca juga: Peringati hari pelanggan, XL genjot layanan kepada konsumen

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2018