Melalui kegiatan ini diharapkan mampu untuk terus menggelorakan dan membangkitkan semangat berinovasi di dalam diri seluruh karyawan perusahaan
Banyuwangi, Jawa Timur (ANTARA News) - PT Rekayasa Industri, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang penyediaan jasa engineering, procurement, construction, and commisioning (EPCC) menggelar Rekind Innovation Expo 2018.

"Melalui kegiatan ini diharapkan mampu untuk terus menggelorakan dan membangkitkan semangat berinovasi di dalam diri seluruh karyawan perusahaan, agar tetap tangguh dan selalu terdepan dalam menghadapi persaingan global," ujar Direktur Utama PT Rekayasa Industri (Rekind) Yanuar Budinorman melalui siaran pers yang diterima di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Kegiatan yang tahun ini diadakan pada 19 Desember 2018 dan mengangkat tema Transform To Indonesia 4.0 dan dipusatkan di Lobby Gedung ROB I, Kantor Pusat  Rekind, Jakarta, itu, merupakan sebuah ajang kompetisi tahunan perusahaan  dalam bidang inovasi, baik di bidang teknologi, prosedur, manajemen, model bisnis baru serta pengembangan produktivitas kerja.

Selain kompetisi internal, Rekind Innovation 2018 juga melibatkan pihak luar yaitu kampus dan mitra.

Dikatakan Yanuar, sejak 2011, dunia telah memasuki era Industri 4.0, yang ditandai meningkatnya konektivitas, interaksi, dan batas antara manusia, mesin, dan sumber daya lainnya yang semakin konvergen melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk itu, sektor industri nasional, termasuk di dalamnya sektor industri energi nasional, perlu melakukan penyelarasan, khususnya  dalam aspek penguasaan teknologi yang menjadi kunci penentu daya saing di era Industri 4.0.   

PT Rekayasa Industri merupakan salah satu pelopor dan penggerak bidang rancang bangun industri nasional di sektor kimia, mineral, dan energi, bercita-cita menjadi perusahaan kelas dunia dalam solusi EPCC yang terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia di era industri 4.0.

Dengan begitu, Rekind mampu untuk terus meningkatkan kontribusinya dalam dinamika industri EPCC di Indonesia dan global, baik dari sisi  kebijakan pemerintah maupun implementasi para praktisi di bidang industri EPCC.

Rekind Innovation hadir untuk memacu semangat berinovasi di antara para karyawan dan institusi pendidikan untuk menghasilkan suatu ide kreatif di bidang EPCC.

Kegiatan ini menggelar tiga tema kompetesi yang diperuntukkan bagi internal atau karyawan Rekind, di antaranya kategori Breaktrough Innovation, Procedure & Technology Improvement dan Business Development.  

Untuk membangun semangat berinovasi di kalangan mahasiswa, kegiatan itu juga menghadirkan kompetisi Kategori untuk Kampus yang ditujukan  bagi mahasiswa se-Indonesia yang berfokus pada inovasi teknologi dan rencana ide bisnis dalam bidang energi baru dan terbarukan.

Tidak hanya itu, di kegiatan ini juga digelar kompetisi untuk Kategori untuk Mitra yang tujuannya untuk lebih menggairahkan lagi inovasi di sejumlah rekanan Rekind.

"Melalui kompetisi ini, perusahaan juga ingin mendorong inovasi generasi muda bangsa dan di lingkup rekan kerja untuk turut serta dalam upaya pengembangan inovasi dalam menghadapi era Industri 4.0,  baik itu di bidang teknologi maupun rencana bisnis. Kami berharap acara ini berdampak positif bagi lingkungan, sosial, ekonomi, dan perkembangan teknologi di masa depan," kata Yanuar.

Baca juga: Rekayasa Industri kerjakan proyek kilang di Balikpapan
Baca juga: Rekayasa Industri-Wilmar Group Indonesia jalin kerja sama

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018