Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya mencatat kendaraan yang melintas di Tol Cikampek dari arah Jakarta meningkatkan 23 persen dari kondisi normal pada Sabtu, atau H-3 jelang Natal.

Kepala Subdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto di Jakarta, Minggu, mengatakan, angka kenaikan itu diperoleh dari data keseluruhan sif I, II, III.

Secara keseluruhan, jumlah kendaraan dalam kondisi normal pada sif I, II, III  sebanyak 58.802, tetapi pada H-3 Natal, ada 78.507 unit melintas Gerbang Tol Cikarang Utama. 

Artinya, menurut AKBP Budiyanto, dari total tiga sif pada H-3 Natal, ada peningkatan kendaraan sebanyak 23 persen dari kondisi normal.

Jika dirinci, pada sif I sekitar Sabtu pagi meningkat 34 persen dari 17.473 unit pada kondisi normal menjadi 23.384 unit.

Tren sama berlanjut pada sif II, sekitar Sabtu siang, jumlah kendaraan yang melintas naik tipis 13 persen dari 16.729 pada keadaan normal, menjadi 18.884 unit.

Sementara pada sif III, sekitar Rabu malam, angka kenaikan kendaraan yang melintas dari Jakarta menuju Tol Cikampek mencapai 21 persen, dari 16.259 pada kondisi normal, menjadi 19.705 pada H-3 Natal.

Walau demikian, kenaikan jumlah kendaraan turut terlihat pada lalu lintas arah Cikampek menuju Jakarta.

Dari tiga sif pada Sabtu, jumlah kendaraan yang melintas dari Tol Cikampek menuju Jakarta mencapai 78.507 unit, atau naik 34 persen dari keadaan normal 58.802 unit. 

Baca juga: Polisi terapkan "contra-flow" di Tol Cikampek selama libur Natal
Baca juga: Pemerintah fokus keamanan dan kenyamanan liburan Natal dan Tahun Baru
Baca juga: Dirut KAI sebut Jumat ini puncak arus mudik Natal-Tahun Baru


 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018