Jakarta, 28/12 (ANTARA News)  - Dahulu salah satu cara untuk menemukan lowongan kerja terbaru adalah melalui surat kabar dan melalui media cetak lainnya sebagai sarana untuk mencari pekerjaan.

Era informasi dan teknologi pun datang, kini kamu dapat memanfaatkan banyak platform untuk menemukan lowongan kerja terbaru.

Nah, bagi kamu yang belum menemukan atau sedang mencari lowongan kerja terbaru - ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk segera menemukan pekerjaan yang kamu minati. Psst, di jamin kamu akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan di era informasi ini kalau kamu ikuti cara berikut:

Networking
Networking yang dimaksud bukan hanya soal relasi di dunia nyata saja, tapi relasi di dunia maya juga sama pentingnya. Dengan menggabungkan keduanya kamu akan mendapatkan kombinasi yang tepat untuk menemukan lowongan kerja terbaru.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam berjejaring dalam dunia nyata, seperti halnya:

Komunitas
Dengan menjadi bagian dalam suatu komunitas tertentu (terutama bidang yang kamu minati) kamu akan mendapatkan banyak informasi seputar lowongan kerja terbaru, tidak hanya itu, kamu juga pasti akan banyak mendapatkan saran dari teman-teman lainnya bahkan dari para profesional senior lainnya.

Relasi alumni
Bertemanlah dengan baik dengan alumni kampusmu dan jangan malu untuk bertanya seputar karir dan pekerjaan hingga industri yang kamu minati, mereka bisa menjadi salah satu sumber yang terpecaya lho! 

Talkshow dan seminar
Tidak hanya ilmu saja yang akan kamu dapatkan, dengan mengikuti sejumlah talkshow atau seminar kamu juga berkesempatan untuk bertanya dan membangun hubungan baik dengan para praktisi dalam industri yang kamu minati.

Sedangkan dalam dunia maya kamu dapat melakukan beberapa hal di bawah ini:

Media sosial
Manfaatkan media sosial yang kamu miliki untuk mencari lowongan kerja terbaru yang banyak tersebar di berbagai platform media sosial. Kamu bisa menemukannya melalui LinkedIn, Facebook Page dan berbagai akun instagram. Pro tip: lakukan personal branding dalam media sosial agar para perekrut tertarik dengan profilmu.

Forum online
Dalam berbagai situs forum kamu dapat bertanya dan mencari tahu sendiri pekerjaan-pekerjaan yang kamu minati.

Job Boards dan Job Portal
Cara ini tentu akan dilakukan siapa pun yang tengah mencari lowongan kerja terbaru, atur waktumu untuk mencari lowongan yang kamu minati. Pro tip: jangan hanya melamar pada satu perusahaan saja. Oleh maka itu penting bagimu untuk menyisihkan waktu dan mencari sebanyak mungkin perusahaan dan lowongan yang sesuai dengan keinginan.

Job Fair
Beberapa job fair berfokus pada suatu industri tersendiri, kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk menemukan lowongan kerja terbaru yang sesuai minat.

Sekarang ini job fair tidak hanya dilaksanakan di kampus-kampus ternama mau pun di hall, berbagai coworking space di ibukota juga mulai mengadakan berbagai job fair, sudah cek di kotamu belum?

Situs Perusahaan
Nah ini wajib kamu lakukan kalau kamu sudah punya perusahaan impian dimana kamu bekerja nantinya, cari tahu apakah mereka sedang ada lowongan kerja terbaru yang baru saja mereka publikasikan. Jangan lupa lakukan riset pada aspek-aspek yang sesuai dengan posisimu di perusahaan tersebut. Yang terakhir, jangan lupa untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen ketika melamar pekerjaan.

Pastikan CV, Cover Letter dan portofoliomu sudah kamu persiapkan dengan baik. Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menemukan lowongan kerja terbaru yang sesuai minatmu. Salah satunya yang menarik adalah melalui #JobSearchisSelfLove.

Dengan mencari lowongan kerja dan melamar di sana, kamu berkesempatan untuk mendapat hiring bonus sebesar IDR 500.000. Wah sepertinya patut dicoba ya!.. ****

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018