AAJI lihatnya nasabah nggak perlu khawatir yang penting sabar aja, akan dibereskan kok itu. Kami optimistis masalah itu akan selesai
Jakarta (ANTARA News) - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) optimistis kasus tunda bayar klaim produk "JS Saving Plan" dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dapat diselesaikan oleh manajemen.

"AAJI lihatnya nasabah nggak perlu khawatir yang penting sabar aja, akan dibereskan kok itu. Kami optimistis masalah itu akan selesai," kata Ketua Bersama AAJI Wiroyo Karsono di Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan pihaknya juga menyakini kondisi keuangan Jiwasraya masih sehat, apalagi Jiwasraya merupakan salah satu perusahaan BUMN. Manajemen baru Jiwasraya saat ini, lanjut dia, merupakan orang-orang yang berpengalaman di industri asuransi, diyakini akan mampu memberikan solusi dan menyelesaikan masalah tersebut cepat atau lambat.

"Mereka sudah punya manajemen baru dan saya yakin manajemen baru merupakan orang-orang yang sudah tahu letak masalahnya dimana, solusinya apa," katanya.

Sebelumnya, sebagai quick win strategy dalam menyelesaikan pembayaran premi "JS Saving Plan", manajemen Jiwasraya menawarkan opsi roll over (perpanjangan) dengan bunga sebesar tujuh persen per tahun dibayar di muka. Selain itu, perseroan juga secara intens melakukan pendekatan dengan seluruh mitra dan nasabah pemegang JS Saving Plan.

Kepala Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Riswinandi pun menyampaikan optimisme yang sama. Ia menilai manajemen Jiwasraya memiliki komitmen yang baik untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.

"Jadi dalam hal ini kita sampaikan Jiwasraya dan pemegang saham cukup bertanggung jawab dengan pemegang polis. Yang enggak melanjutkan itu pun ditawarkan juga insentif, tapi memang disepakati pembayarannya disesuaikan dengan restrukturisasi perusahaan," katanya. 

Baca juga: Jiwasraya buka layanan khusus pembayaran JS Saving Plan
Baca juga: Kementerian BUMN yakin Jiwasraya mampu selesaikan pembayaran polis

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018