Tanggul Baswedan lokasinya 75 meter dari tanggul yang jebol
Jakarta (ANTARA News) - Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan penahan di Kali Pulo, Jatipadang yang jebol Minggu malam (13/1), bukan Tanggul Baswedan.

“Ada satu catatan, yang jebol tanggul buatan warga, bukan Tanggul Baswedan,” kata Marullah saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, penahan yang jebol itu jaraknya sekitar 75 meter dari Tanggul Baswedan.

“Dia (penahan yang jebol) tidak terlalu jauh, jaraknya 75 meter (dari Tanggul Baswedan),” sebut Marullah menegaskan.

Ia menjelaskan, Pemkot Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Sumber Daya Air  sementara ini memasang crucuk — struktur tiang-tiang Kayu Dolken dan menimbun karung-karung pasir sebagai pengganti sementara tanggul yang jebol itu.

Walau demikian, sejak Selasa pagi, sekitar enam personel dari Suku Dinas SDA Jakarta Selatan telah memulai pembangunan turap atau dinding penahan air dan struktur tanah sebagai pengganti crucuk yang sementara menahan air Kali Pulo.

Marullah menyampaikan, pembangunannya mulai berjalan dan sekitar 2-3 minggu proses penurapan akan selesai.

Sejalan dengan itu, Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Selatan Holi Susanto mengatakan, pembangunan turap kemungkinan selesai dalam tiga minggu.

Hujan, menurut Holi, menjadi hambatan utama pengerjaan turap.

Pasalnya, jika hujan turun, maka pengerjaan turap diberhentikan sementara.

Tanggul Kali Pulo sempat jebol pada Minggu malam (13/1), merendam RT003 dan RT004 di RW006 Kelurahan Jatipadang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Air mulai merendam pemukiman warga pada pukul 18.30 WIB, dan beberapa jam setelahnya 20 personel dari Sudin SDA Jakarta Selatan bersama anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Jatipadang dan jajara TNI terjun ke lokasi membuat penahan sementara.

Banjir pun surut pada pukul 05.10 WIB, Senin (14/1).

Tanggul di Kali Pulo sebelumnya sempat jebol pada 2017.

Untuk mengatasi masalah itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan sempat berencana memperkuat tanggul dan memperlebar Kali Pulo. 

Baca juga: Sudin SDA Jaksel berencana buat turap atasi tanggul jebol
Baca juga: Penahan sementara dipasang atasi jebolnya tanggul Kali Pulo


(T. KR-GNT/

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019