Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat melaporkan 2,8 hektare lahan gambut terbakar di Desa Cot Seumeureng, Kecamatan Samatiga.

Sekretaris BPBD Aceh Barat Darmawan di Meulaboh, Jumat, mengatakan tim gabungan yang mencakup aparat TNI dan Polri serta satu mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar lahan gambut.

Upaya pemadaman kebakaran lahan gambut itu melibatkan personel Kodim 0105/ Aceh Barat, Polres Aceh Barat, Polsek Samatiga, Koramil dan Dinas Pemadam Kebakaran. Mereka berjibaku memadamkan api dengan menyiramkan air ke lahan gambut menggunakan pipa.

"Dalam beberapa hari ini suhu udara dan cuaca sangat panas. Kita tidak bisa menyampaikan apakah terbakarnya lahan gambut itu disebabkan dibakar atau karena ada faktor lain," katanya saat dihubungi lewat telepon.

Pada Kamis (14/2) kebakaran lahan gambut juga terjadi di Kecamatan Meureubo.

"Kemarin juga ada sempat terjadi kebakaran lahan gambut di Kecamatan Meureubo, namun tim kita cepat turun melakukan penangganan sehingga tidak membesar dan meluas penyebaran apinya," kata Darmawan.

BPBD Aceh Barat melakukan pemantauan ke daerah-daerah yang rawan mengalami kebakaran supaya bisa cepat turun melakukan penanggulangan saat terjadi kebakaran.

Baca juga:
Di Lhokseumawe-Aceh, kebakaran mulai terjadi di lahan gambut
Asap di lahan gambut Aceh Barat kembali terlihat

Pewarta: Anwar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019