counter

Ibu Negara kampanye kebersihan lingkungan dengan aksi bersih pantai

Ibu Negara kampanye kebersihan lingkungan dengan aksi bersih pantai

bu Negara Iriana Joko Widodo menyerahkan sumbangan berupa tempat sampah sebanyak 100 buah tempat sampah diserahkan kepada perwakilan tokoh masyarakat di Maluku di Pantai Galala Hative Kecil, Kota Ambon, Selasa (20/2/2019) (Biro Pers Setpres RI)

Gerakan bersih-bersih pantai ini bukan hanya untuk hari ini saja
Ambon (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengampanyekan gerakan peduli kebersihan dan lingkungan hidup dengan menggelar aksi bersih pantai di kawasan Negeri Galala dan Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Rabu.

Ibu Negara yang didampingi sejumlah pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (OASE KK) bersama ribuan warga dan masyarakat, ikut bersama-sama memungut sampah yang umumnya merupakan plastik dan barang bekas yang berserakan di pesisir pantai, khususnya sekitar lokasi jembatan Merah PUtih (JMP) yang membentang di atas Teluk Dalam Ambon itu.

"Aksi bersih pantai ini merupakan bagian dari kampanye dan gerakan agar masyarakat lebih peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar tempat tingal mereka," ujar ibu Negara.

Dia berharap aksi sosial tersebut dan bernilai positif tersebut menjadi contoh untuk membangun kesadaran warga di ibu kota provinsi Maluku untuk lebih sadar terhadap lingkungan pantai.

Ia berharap aksi yang telah dilakukan dapat ditindak lanjuti oleh meminta pemerintah Provinsi Maluku dan Pemkot Ambon, agar pesisir pantai di kawasan Teluk Ambon menjadi bersih dari sampah, sekaligus kawasannya memberikan manfaat ganda bagi kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

"Gerakan bersih-bersih pantai ini bukan hanya untuk hari ini saja. Saya berharap bisa ditindaklanjuti  oleh gubernur dan wali kota serta menjadi gerakan seluruh masyarakat di Ambon," tambahnya.

Sebelum menggelar aksi bersih pantai, ibu Iriana yang juga didampingi istri Gubernur Maluku, Retty Assagaff bersama warga melakukan senam pagi bersama di sekitar lokasi tersebut.

Aksi bersih pantai yang dilakukan merupakan satu dari tiga bidang tugas organisasi OASE KK yang beranggotakan para pendamping Menteri Kabinet Kerja, yakni lingkungan bersih dengan program utama yakni penanggulangan Sampah untuk mengedukasi masyarakat bagaimana menjaga lingkungan dengan baik.

Selain itu, Mandi Cuci Kakus (MCK) Bersih untuk pola hidup sehat masyarakat Indonesia serta didukung bidang lingkungan hijau dengan program penanaman pohon atau tumbuhan produktif agar mengurangi dampak dari pemanasan global.

Begitu juga program biopori untuk mengedukasi masyarakat belajar mencintai alam beserta isinya sedini mungkin.

Berbagai upaya yang diinisiasi oleh OASE KK, menurut Ibu Negara, yakni dapat memberikan manfaat besar kepada masyarakat luas melalui program-program yang mendukung gerakan revolusi mental sehingga visi Kabinet Kerja yakni "Sukseskan Nawacita, Wujudkan Indonesia Berkarakter, Bebas Narkoba, Sehat Sejahtera!" dapat terwujud.

Dalam kesempatan itu, Ibu Negara juga menyerahkan 100 buah tong sampah bagi kelompok masyarakat di Kota Ambon

Anggota OASE KK, Ratnawati Setiadi Jonan yang juga istri dari Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, menyatakan, gerakan bersih pantai yang melibatkan lapisan masyarakat di Kota Ambon adalah untuk mengurangi sampah plastik.

"Program yang sangat bagus dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terutama di sekolah-sekolah mengenai bahaya sampah plastik dan bagaimana menanganinya," ujarnya. 

Baca juga: Iriana Jokowi akan kunjungi Ambon
Baca juga: Ibu Negara kampanye pengurangan sampah plastik

 

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pembenahan Bunaken rampung tahun 2020

Komentar