Makassar (ANTARA) - Gempa tektonik berkekuatan 4,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu.

Pelaksana tugas Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman melalui siaran persnya menyampaikan, hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan magnitudo 4,2 terjadi pada pukul 08.49 WITA dan tidak berpotensi tsunami.

Selain itu, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, ia menyatakan, tampak bahwa gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas patahan Matano yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Rampi III MMI, Masamba II MMI. 

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Joharman juga menyarankan warga memastikan informasi bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti Instagram/Twitter @infoBMKG), website www.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG," ujarnya.

Baca juga: BMKG: gempa Solok Selatan dipicu sesar aktif yang belum terpetakan
Baca juga: Gempa 5,3 SR guncang Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019