Yang paling penting dari gerakan bersih pantai ini adalah gambaran munculnya antusiasme dan tanggung jawab masyarakat. Karena kalo soal lingkungan selain regulasinya itu kampanye publiknya untuk mengajak masyarakat, saya kira kita sudah mulai itu sek
Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama sekitar 3.000 warga masyarakat dan para pekerja Pertamina (Persero) Refinery Unit IV (Pertamina RU IV) Cilacap melakukan kegiatan Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah.

Yang paling penting dari gerakan bersih pantai ini adalah gambaran munculnya antusiasme dan tanggung jawab masyarakat. Karena kalo soal lingkungan selain regulasinya itu kampanye publiknya untuk mengajak masyarakat, saya kira kita sudah mulai itu sekarang, ujar Siti dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Kegiatan ini merupakan kampanye mengajak masyarakat untuk peduli dalam upaya pengurangan sampah, terutama sampah plastik sekali pakai. Acara bersih pantai kali ini berhasil mengumpulkan total 7,2 ton sampah yang mengotori bibir pantai.

Selain itu, ia mengemukakan kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2019. Secara nasional kampanye peduli sampah telah dilakukan dengan pencanangan Aksi Bersih Sampah Nasional yang telah dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Kapuk, Jakarta, Senin (4/3).

Bersih Pantai di Pantai Teluk Penyu Cilacap ini melibatkan masyarakat sekitar, pengunjung, anak-anak sekolah dan juga para pekerja di Pertamina RU IV Cilacap.

Siti sempat juga mengajak anak-anak SD sekitar untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya. Kegiatan bersih pantai ini diawali dengan penyerahan secara simbolis alat kerja atau perlengkapan bersih pantai (sapu dan pengki) kepada perwakilan pekerjaan Pertamina RU IV.

Kegiatan bersih pantai ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Menteri LHK ke Cilacap dalam rangka mendukung program lingkungan PT Pertamina RU IV Cilacap.

Kunjungan Menteri LHK kali ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) M. R. Karliansyah, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Jajaran Forkompinda Kabupaten Cilacap, serta jajaran manajemen Pertamina baik dari korporat maupun RU IV Cilacap.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019