counter

143 desa di OKU segera terima add

143 desa di OKU segera terima add

demo penggunaan add. FOTO ANTARA/Fikri Ali/ss/pd/09

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 143 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu(OKU), Sumatera Selatan segera menerima kucuran alokasi dana desa (add) tahap pertama tahun anggaran 2019 dari pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

"ADD tahap pertama yang segera cair ini sebesar 20 persen atau sekitar Rp27 miliar untuk 143 desa di OKU," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU, Ahmad Firdaus di Baturaja, Kamis.

Dia menjelaskan, besaran dana yang akan diterima setiap desa di wilayah setempat tersebut bervariasi mulai dari Rp140 juta hingga Rp280 juta.

"Diupayakan akhir Maret 2019 add tahap pertama sudah bisa dicairkan," ujar Ahmad.

Namun kata dia, sebelum pencairan dana setiap desa harus melengkapi beberapa persyaratan antara lain sudah menyusun APBDes dan RKP yang disampaikan ke pemerintah kecamatan masing-masing untuk dievaluasi.

"Paling lambat hingga 20 Maret 2019 APBDes dan RKP yang dievaluasi pihak kecamatan harus sudah diterima Dinas PMD OKU,"kata Ahmad.

Dia mengemukakan, kucuran add dari pemerintah pusat tersebut diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup manusia serta menanggulangi kemiskinan.

Dalam melaksanaan program kegiatan yang dibiayai melalui dana desa tersebut, lanjut dia, harus berpedoman pada pedoman teknis yang ditetapkan oleh bupati setempat.

"Pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari add harus tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat dan diutamakan dilakukan secara swakelola," ujar Ahmad.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Alex Sariwating
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar